Gaya Custom Board Track

Board track merupakan motor yang populer di Amerika Serikat. Eranya dimulai sekitar tahun 1910-an hingga 1920-an. Kepopuleran board track terus melebar hingga negara-negara lain di dunia. Salah satu ciri motor balap board track sendiri terlihat pada penggunaan velg berdiameter besar di kedua rodanya. Selain itu bentuk tangki yang memanjang membuat tampilan board track terlihat racy. Brand Harley-Davidson merupakan salah satu motor yang turut menorehkan sejarah saat kejayaan Board track kala itu.

Sayang kompetisi ini tidak berlangsung lama dan akhirnya mulai pudar sekitar tahun 1930-an. Namun saat ini custom enthusiast kembali menampilkan motor custom bergaya Board track demi mengingat sejarah. Banyak builder dunia khususnya Indonesia menghadirkan gaya Board track dengan sentuhan modern.

Seperti salah satunya motor karya dari Puspa Kediri Custom (PKC) yang berjuluk Paing Sadewa. Motor bermesin Honda CBR250R keluaran tahun 2014 itu berhasil menggondol penghargaan bergengsi, yakni motor terbaik versi Chopper Jurnal dalam ajang Yokohama Hot Rod Custom 2018 di Jepang.

Tidak ada yang menyangka jika board track racikan workshop Puspa Kediri Custom (PKC) ini dibuat secara handmade. Menariknya, motor yang menggunakan basis mesin Honda CBR250R dirombak total. Hanya mesin yang tidak berubah, sementara sektor lain dibuat ulang. Tampilan ramping dan klasik menjadi ciri utama. Setelah itu dipadukan dengan keunikan tata letak tangki yang posisinya berada di bawah frame, bukan di atasnya.