Gaya Hidup MotoGP di Biker Harian

Beberapa orang mengatakan sosok pembalap MotoGP itu bukanlah manusia. Kenapa? Karena mereka kuat menahan tekanan ekstrim yang timbul saat membesut motor balap di kecepatan tinggi di dalam sirkuit.

Mirisnya potensi resiko kecelakaan mengikuti kemana pun pergerakan sang pembalap. Salah mengambil tindakan dapat berakibat fatal bagi dirinya. Karena pembalap juga manusia biasa, maka banyak produsen apparel yang membuatkan baju khusus mereka.

Racing gear atau bisa kita sebut sebagai baju balap itu umumnya terdiri dari racing suit/wearpack, sepatu, sarung tangan dan helm full face. Gear tersebut dirancang dapat memberikan perlindungan maksimal kepada tubuh sang pembalap dari resiko fatal yang muncul.

Menariknya perkembangan teknologi pengamanan racing gear terus berkembang, tak hanya mengaplikasi kulit sapi tebaik sebagai material, kini jenis material ringan dan kuat seperti serat karbon dan titanium mulai digunakan.

Nah ternyata kehadiran racing gear para pembalap MotoGP tersebut mendapat respon positif dari para biker yang sadar akan pentingnya proteksi diri ketika mengendarai sepeda motor sehari-hari.

Menariknya, peralatan dari ujung kepala hingga ujung kaki yang dipakai rider MotoGP itu telah menjelma menjadi sebuah gaya hidup tersendiri. Jika pembalap dapat terlindungi maksimal di sirkuit, kenapa tidak dengan bikers jalan raya, sudah pasti makin aman dong.

Sekarang brand-brand apparel motor ternama banyak mengeluarkan produk replika yang dipakai persis sang rider MotoGP. Namun produk itu dibedakan dari minusnya tempelan badge sponsor mereka. Untuk desain dan lain-lainnya sama persis!

Sayangnya harga masing-masing komponen racing gear tersebut sebanding dengan nilai yang dimilikinya. Contohnya racing suit 1 piece mulai dari Rp 10 jutaan, helm replika pembalap rata-rata dijual Rp 9-12 jutaan, sepatu sekitar Rp 8 jutaan dan sarung tangan di angka Rp 4 juta lebih.

Di Indonesia fenomena bikers harian atau para riders penyuka sunmori dengan gear ala pembalap MotoGP mulai bermunculan dan telah menjadi tren baru bergaya hidup tersendiri.

Leave a Comment