Gelaran Terakhir Anime Festival Asia 2018

Setelah sekitar enam tahun fetival anime terbesar di Indonesia yakni C3AFA atau lebih dikenal Anime Festival Asia (AFA) menyapa para penggemar anime, cosplay dan Jpop, pihak penyelenggara festival ini mengumumkan bahwa 2018 akan menjadi tahun terakhir festival tersebut di Indonesia.

Kabar mengejutkan itu datang dari akun resmi AFA Indonesia di Twitter yang menyatakan bahwa AFA Jakarta tahun ini akan menjadi perhelatan terakhir kalinya.

“Dikarenakan berbagai hal, kami tidak bisa mengonfirmasikan C3AFA Jakarta untuk 2019 dan ke depannya. Tahun ini mungkin akan menjadi perhelatan terakhir AFA di Indonesia mengingat kami terus hadir di sini sejak 2012. Terima kasih atas dukungannya selama beberapa tahun ini. Kami menunggu Anda pada akhir pekan ini,” tutur pihak AFA Indonesia dalam pernyataannya di Twitter kemarin (28/08).

Antara pun berupaya mengonfirmasikan kepada PR dan Media Relations C3AFA Jakarta Mahendradhata, dan dia pun membenarkan bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir perhelatan AFA Indonesia.

“Setelah enam tahun ini, akhirnya (festival ini) diakhiri,” ujar Mahendradhata kepada Antara via telepon pada kemarin malam.

Terkait faktor-faktor yang melatarbelakangi penghentian festival anime terbesar di Indonesia tersebut, Mahendradhata tidak menjabarkannya lebih lanjut.

AFA Indonesia 2018 yang akan digelar Jumat 31 Agustus 2018 hingga Minggu 2 September 2018 akan mendatangkan sejumlah musisi Jpop terkenal dari negeri sakura seperti Eri Sasaki, violinist cantik Ayasa, Konomi Suzuki dan masih banyak lagi.

Selain itu AFA Indonesia tahun ini juga akan menghadirkan untuk pertama kalinya bintang artificial intelligence yakni Kizuna AI.

Selain menggelar konser I Love Anisong yang akan dihadiri para musisi Jpop tersebut, AFA Indonesia juga memiliki sejumlah aktivitas penting yang wajib dihadiri para fans anime, cosplay dan Jpop Tanah Air seperti workshop makeup cosplay dengan cosplayer terkenal Baozi & Hana, sesi meet and greet, kompetisi cosplay dan masih banyak lagi yang mungkin akan menjadi salam perpisahan dengan fans Indonesia.

copyright © antara 2018