Gitar Jimi Hendrix Dilelang Terjual Rp 3,17 Milyar

Sebuah gitar milik Jimi Hendrix yang ia gunakan pada awal tahun 60-an, saat menjadi pengiring musik R&B dan memulai karir sebagai rocker di New York dijual melalui lelang dengan harga $ 216.000 atau Rp 3,17 milyar. Angka tersebut lebih besar empat kali dari perkiraan pra-lelang.

Menurut balai lelang GWS, Hendrix mulai memainkan gitar listrik sunburst Jepang setelah keluar dari Angkatan Darat Amerika Serikat di Fort Campbell pada 1962 dan menuju ke Tenessee untuk bermain di Chitlin’ Circuit. Di sini ia bermain dengan Wilson Pickett, Slim Harpo, Sam Cooke, Ike dan Tina Turner dan Jackie Wilson sebelum akhirnya pindah ke Harlem, New York awal 1964.

Gitar tersebut masih ia gunakan saat bergabung dalam Isley Brothers dan Jimmy James and the Blue Flames yang ia bentuk. Namun ketika Jimi akan berangkat ke Inggris, gitar tersebut ia tinggalkan di apartemen temannya di New York.

Pada awal lelang, gitar tersebut diperkirakan akan terjual sebesar $ 50.000 atau Rp 735 jutaan. Namun saat lelang ternyata berhasil mencapai tawaran tertinggi di angka $ 180.000 atau Rp 2,64 milyar. Setelah ditambah biaya dan lain-lain, maka total harga gitar tersebut menjadi $ 216.000 atau Rp 3,17 milyar.

Source : Rollingstone