Gordon Murray T.50 Bakal Dirilis 100 Unit di Dunia

Gordon Murray Automotive resmi memamerkan supercar rancangannya secara utuh ke publik. Supercar bernama T.50 ini diklaim oleh desainer sekaligus pendiri perusahaan, Prof. Gordon Murray CBE, sebagai supercar terindah dan teringan. Tidak itu saja, supercar tersebut menjadi mobil yang punya posisi pengemudi paling mendekati mobil Formula 1.

Gordon Murray yang juga merancang supercar, McLaren F1 mengatakan T.50 karya terbarunya lebih baik dari mobil rancangan pertamanya. Tak heran jika supercar tersebut dibanderol Rp 45 milyar dan Murray hanya memproduksi 100 unit di dunia. Sedangkan proses produksinya baru dimulai pada Januari 2022 mendatang.

Performa dari T.50 terbilang impresif, Murray menanam jantung mekanik berkapasitas 3,9 liter, V-12 bertenaga 653 hp. Sebuah fitur unik berupa kipas berdiameter 400 mm hadir di kolong sasis untuk menambah nilai aerodinamis mobil saat melaju kencang. Sayangnya data kecepatan puncak maupun akselerasi dari 0 – 100 kpj tidak diberitahukan oleh Murray.

Mobil yang memakai sasis monokok dan bodi full karbon ini mempunyai layout interior cukup unik. Sebuah jok pengemudi di tengah sasis dan sepasang jok penumpang di sisi kiri serta kanan. Murray sengaja menciptakan layout itu agar kesan duduk di kokpit F1 makin terasa.

“Lupakan turbo, apalagi teknologi hybrid, cukup nikmati suara mesin dan performa dari mesin v12 natural aspirated,” jelas Murray untuk menikmati supercar T.50 rancangannya.