H-D Livewire Minim Suara Tetap Bertenaga

Harley-Davidson menjadi brand yang banyak ditunggu ketika mengeluarkan pernyataan ingin memproduksi motor listrik. Karena pabrikan motor ini memang lebih dikenal memproduksi motor-motor bermesin besar dengan suara mesin menggelegar. Klimaksnya adalah ketika di tahun 2014, Harley-Davidson (H-D) memperlihatkan wujud konsep motor listrik yang dinamakan Livewire.

Selang 4 tahun, tepatnya September 2018; H-D memperkenalkan secara resmi Livewire, sebuah motor listrik dengan posisi riding yang agresif. Dalam web resminya, motor ini dijual dengan harga $ 29.799 atau Rp 446 jutaan lebih dan tersedia dalam 3 pilihan warna, yakni Vivid Black, Orange Fuse dan Yellow Fuse. Dua warna terakhir dikenakan biaya tambahan sebesar $ 350 atau Rp 5,2 jutaan.

Setelah Amerika Serikat, Kanada lalu sejumlah negara lain di kawasan Eropa, penyebaran global H-D Livewire terus dikebut oleh pabrik jelang pergantian tahun 2021 mendatang, termasuk Indonesia. Memiliki ciri khas motor listrik modern dan serba canggih, H-D Livewire juga memiliki fitur canggih yang bisa meningkatkan performa mesin menempuh jarak 0- 100 km/jam dalam waktu 3 detik saja.

Kapasitas baterai berukuran besar memungkinkan motor ini bisa berkendara sejauh 235 km atau rute kombinasi sampai 152 km. Baterai akan terisi hingga 80% dalam waktu 40 menit atau 100% dalam waktu satu jam dengan penggunaan charger listrik berkapasitas 3 DC fast charge. Namun perlu diingat, layaknya motor listrik lainnya, H-D Livewire minim derum suara knalpot ketika dipacu.

Sebagai gantinya pengendara bisa melihat layar berukuran 4,3 inchi untuk memantau fitur modern yang dimiliki. Mulai Reflex Defensive Rider Systems (RDRS), Cornering Enhanced Traction Control System (C-TCS), Drag-Torque Slip Control System (DSCS) dan Cornering Enhanced Anti-lock Braking System (C-ABS) yang kesemuanya terhubung dengan smartphone via aplikasi H-D Connect.