Hari Ini Fenomena Bulan Purnama Friday 13th

Tentu mitos Friday The 13th lekat dengan berbagai cerita horor dan kejadian misterius dalam kehidupan sehari-hari kita hingga kini. Namun terlepas dari itu semua ada kejadian yang tak kalah menariknya di hari Jumat tanggal 13. Pada hari Jumat ini yang jatuh pada tanggal 13 September bertepatan dengan fenomena yang jarang terjadi, yaitu terjadinya bulan purnama langka.

Disebut langka karena penampakan bulan akan menjadi 14 persen lebih kecil dari biasanya, sehingga sering disebut Micro Moon. Penampakan bulan yang menjadi lebih kecil ini disebabkan bulan akan berada dalam jarak terjauh dari Apogee-nya atau titik orbit bulan dari Bumi, dengan jarak sejauh 252.100 mil atau 405.715 km jauhnya. Momen ini menjadi sangat langka karena  diperlukan waktu hingga puluhan tahun. Sedangkan momen bulan purnama yang jatuh pada hari Jumat tanggal 13 terakhir terjadi pada 13 Oktober 2000.

Dan menurut Farmers Almanac, buat mereka yang berada dalam zona waktu Pasifik, Tengah dan Gunung dapat melihat bulan purnama sebelum tengah malam tepat hari ini (13/9). Sedangkan mereka yang berada dalam zona waktu Timur sedikit lebih lama. Peristiwa bulan purnama langka ini dapat dinikmati setelah tengah malam, yaitu pada pukul 12.33 pagi hingga menjelang hari Sabtu dini hari. 914/9)

Oh ya, disebut langka karena kemungkinan kejadian bulan purnama serupa akan terulang lagi bisa dijumpai pada tanggal 13 Agustus 2049 atau 30 tahun lagi. Langka kan.?

Source: Cnet