Home » INFO CORNER » NEWS FORM » Teknologi » Heboh Bukit Algoritma, ‘Silicon Valley’-nya Indonesia

Heboh Bukit Algoritma, ‘Silicon Valley’-nya Indonesia

Beberapa waktu lalu ramai perbincangan rencana pemerintah yang akan membangun Bukit Algoritma di Sukabumi, Jawa Barat. Akan memiliki konsep layaknya Silicon Valley, nantinya Bukit Algoritma akan berfungsi sebagai pusat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menjadi pusat industri teknologi di Indonesia. Seperti pengembangan kecerdasan buatan (AI), drone (pesawat nirawak), robotik hingga panel surya untuk energi yang bersih dan ramah lingkungan.

Sukabumi dipilih karena memiliki infrastruktur pendukung, seperti akses Tol Bocimi, Pelabuhan Laut pengumpan Regional (PLPR) Wisata dan Perdagangan Pelabuhan Ratu, Double Track KA Sukabumi dan Bandara Sukabumi Cikembar yang akan dibangun.

Akan didirikan di atas lahan seluas 888 hektar di Cikidang dan Cibadak, pemerintah akan menyediakan dana sebesar € 1 miliar atau sekitar Rp 18 triliun. Investasi tersebut berasal dari swasta, baik dari dalam maupun luar negeri, sementara pengerjaannya akan dilaksanakan oleh PT Amarta Karya (Persero).

Tiga tahun pertama akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar, taman science, taman pusat kesehatan, pusat pengembangan pangan dan gizi, penginapan, pusat kebugaran dan plaza edutainment. Kemudian dilanjutkan tahap kedua yang akan memakan waktu mencapai lima tahun, disusul tahap ketiga tiga tahun kemudian. Jadi total penyelesaian proyek ini mencapai 11 tahun.

Nama Silicon Valley identik dengan industri teknologi di Amerika Serikat. Di sinilah tempatnya ribuan perusahaan-perusahaan startup teknologi besar dunia berada. Mulai dari Apple, Adobe, eBay, Google, Nvidia, Netflix, Hewlett-Packard, Intel, Oracle hingga Tesla dan masih banyak lagi. Dikabarkan nilai Silicon Valley saat ini telah mencapai US $ 3 triliun atau sekitar Rp 42 kuadriliun. Wow..!

Photos : Internet

Leave a Comment