Posted on by AB

Honda CBR1000RR-R SP Makin Galak Mesinnya

Sport bike Honda CBR1000RR SP di tahun depan 2020 akan mendapat keluarga baru. Kali ini cukup memberikan embel – embel kode ‘R’ menjadi CBR1000RR-R SP maka motor ini langsung punya performa jauh berbeda dengan versi standarnya.

Andai ingin menurunkan moge ini di kejuaraan WSBK, Anda cukup mencopot spion dan spakbor belakang saja. Hal ini menarik karena performa mesin 999cc, 4 silinder segaris pada CBR1000RR-R SP ini mempunyai bore x stroke serupa dengan motor balapnya Marc Marquez yaitu 81mm x 48,5mm. Hasilnya mesin tersebut mampu meletupkan tenaga sebesar 215 hp.

Ubahan lain yang mendukung performa moge ini di sirkuit, pihak Honda Racing Corporation (HRC)  mengadopsi teknologi MotoGP dari motor RC213V milik Marquez. Sebut saja rangka baru berbahan aluminium model diamond frame, modul elektronik, Honda Selectable Torque Control (HSTC), Inertial Measurement Unit (IMU), Honda Electronic Steering Damper (HESD) dan suspensi Öhlins Smart Electronic Control (S-EC).

Lantas untuk menjinakkan laju motor, Honda membekali rem baru dari Brembo berukuran 330mm yang didukung dua buah ABS. Unsur aerodinamika dari moge ini juga diperhitungkan dengan merancang ulang desain fairingnya yang makin mendekati desain milik RC213V MotoGP.

Terakhir supaya pembalap atau pengguna CBR1000RR-R SP mudah memantau informasi dari komputer, Honda menaruh sebuah  TFT screen pada dasbor di belakang windshield.  Sayangnya Honda masih belum melansir harga resmi moge ini dan konsumen harus menunggu hingga Juni 2020 untuk meminangnya.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store