Hong Guang Mini EV Buntuti Penjualan Tesla

Segmen mobil listrik kian diminati di dunia, banyak pabrikan yang menjual mobil bertenaga listrik dan sudah digunakan di beberapa negara, salah satunya China. Di negara tersebut memang sudah banyak yang beralih menggunakan mobil bertenaga listrik. Selain itu, China juga memiliki produk mobil bertenaga listrik, salah satunya Wuling Hong Guang Mini EV.

Mobil mungil yang bisa dinaiki oleh empat orang dewasa ini ternyata banjir peminat. Tak ayal penjualannya cukup meroket bahkan berada di urutan kedua setelah penjualan Tesla Model 3 yang mengisi posisi pertama.

Menurut sebuah laporan oleh EV Sales Blog, Tesla Model 3 menjadi mobil listrik plug in terlaris sepanjang 2020. Total penjualan tahun lalu mencapai 365.240 unit. O iya, Tesla Model 3 ini merupakan mobil Tesla yang diproduksi di China.

Jika capaian Tesla Model 3 dianggap wajar karena lebih dulu populer, catatan menarik diraih oleh Wuling Hong Guang Mini EV yang menempati peringkat kedua. Baru dijual pertengahan 2020, lebih dari 120.000 unit Hong Guang Mini EV terjual di China hingga bulan Desember 2020.

Mobil buatan SAIC-GM-Wuling (SGMW) ini sangat menarik karena memiliki harga yang sangat terjangkau. Wuling Hong Guang Mini EV dibanderol sekitar 3.500 dolar atau setara Rp 49,4 juta (kurs 1 dolar = Rp 14.112 pada 22 Februari 2021).


Selain harga, beberapa hal juga membuat mobil listrik ini cukup diminati. Untuk bagian interior, ketika dua jok bagian belakang tidak digunakan, pemilik bisa melipatnya dan dimanfaatkan sebagai tempat barang bawaan. Di bagian dasbor, terdapat panel instrumen digital di belakang roda kemudi serta pengatur suhu dan sakelar audio di sebelah kanan. Untuk tombol pengatur transmisi ditempatkan di antara kursi depan.

Beralih ke bagian mesin, Hong Guang Mini EV dibekali motor listrik yang menghasilkan tenaga 27 hp dengan kecepatan 100 km/jam. Tenaga tersebut disuplai oleh baterai compact 13,8 kWh yang sekali mengecas bisa menempuh jarak kurang lebih 200 km. ‘Cukup jauh ya daya tempuhnya…’

Leave a Comment