Hyundai Jajaki Kelayakan Mobil Bertenaga Surya

Untuk menjaga kelangsungan alam dan ekosistem supaya terjaga dengan baik, belum lama ini Hyundai berencana untuk membuat terobosan kendaraan ramah lingkungan. Setelah menguji kelayakan mobil listrik, kini Hyundai akan mulai studi kemungkinan mobilnya menggunakan tenaga sel surya atau Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Keinginan Hyundai untuk memulai proyek mobil FCEV ini terungkap dalam program Progress for Humanity with Zero Emission Mobility. Dan India akan menjadi lokasi pengembangan ini dimulai. Program ini diinisiasi oleh Hyundai Motor India Limited (HMIL) sebagai bentuk komitmen mereka membuat ekosistem mobilitas yang ramah lingkungan.

Perbedaan paling mendasar dari mobil FCEV dan EV biasa adalah sumber tenaga yang digunakan. Dan tidak seperti mobil listrik pada umumnya, FCEV bahkan tidak memakai baterai. Tapi menggunakan sel surya. Kemungkinan mengkombinasikan kedua teknologi tersebut bisa saja terjadi. Sel surya mengubah listrik menggunakan oksigen dari udara dan hidrogen.

Dan FCEV pertama dari Hyundai yang dikenalkan adalah Tucson FCEV pada tahun 2013 lalu. Sementara Toyota Mirai dan Honda Clarity menjadi mobil FCEV lainnya yang juga dikembangkan selain Hyundai.

Source : Rushlane