Ingat Ini Sebelum Berpetualang Naik Motor Enduro

Secara visual motor enduro dengan motocross serupa dan keduanya digolongkan sebagai motor trail. Namun diantaranya memiliki perbedaan karakter dan spesifikasi teknik.  Jadi jangan salah pilih motor trail  untuk bermain enduro atau adventure.

Biasanya motor trail enduro itu harus mempunyai mesin yang tangguh, performa kuat digunakan berjam-jam di medan off-road. Apalagi jika Anda bermain hingga blusukan ke dalam hutan yang dapat memakan waktu berhari-hari untuk keluar dari medan.

Nah paling mudah adalah selain mengumpulkan keberanian bermain enduro karena dipastikan akan menyita waktu dan tenaga, pastinya juga dibutuhkan modal untuk membeli motor yang cocok dengan Anda.

Di Indonesia pilihan motor enduro cukup banyak tawarannya, umumnya yang digunakan adalah motor sport dual purpose, jadi dalam keseharian masih bisa dipakai wira-wiri di jalan raya karena tetap dilengkapi lampu sesuai UU Lalu Lintas.

Selanjutnya kenali motor trail yang akan digunakan bermain off-road, Anda harus paham dengan karakter dari motor sendiri. Ini penting agar kita mampu mengantisipasi medan yang dilalui. Jangan lupa, sesuaikan tinggi badan dengan motor agar saat berhenti, kaki Anda mudah menjejak permukaan tanah.

Kemudian siapkan secara matang kondisi motor, lalukan pemeriksaan komplit mulai dari mesin, kaki – kaki, rantai, ban dan sebagainya. Pastinya kita tidak ingin saat bermain malah mendapat masalah di dalam medan yang dilintasi.

Terpenting adalah masalah kesehatan diri, sebelum terjun ke medan off-road pastikan kebutuhan gizi telah terpenuhi dan kesehatan sudah diperiksa di dokter pribadi Anda. Kalau perlu bawa stok obat-obatan, vitamin, makanan dan minuman.

Berdasarkan pengalaman para pemain motor enduro, membawa suku cadang ektra itu perlu. Mengapa? Karena saat di tengah hutan atau di medan off-road yang jauh dari bengkel motor bisa segera ditangani. Contohnya yang vital adalah, rantai, busi, pompa ban portable hingga cadangan bbm sekalipun.

Terakhir jangan lupa menggunakan pelindung badan yang terdiri dari helm, body protector, jersey, sarung tangan dan sebagainya. Hal ini mutlak ada supaya kita terhindar dari cedera yang terjadi karena insiden di medan off-road.