Ini Dia Perbedaan Jok Old vs New Nmax

All New Nmax 2020 mulai menanjak populasinya, motor matik generasi kedua yang lahir dari pabrik Yamaha di Indonesia ini punya banyak perbedaan dengan versi Old Nmax. Secara nyata terlihat adalah dari segi desain bodi. Nmax 2020 punya bodi lebih gambot dan wujudnya berubah total.

Tetapi tahukah Anda pada sektor jok motor Nmax 2020 ada perbedaan dengan versi Old Nmax?

Ya, walau secara fisik tampilan desainnya tidak terlihat berbeda sih, namun setelah Mister MB cek lebih jauh bersama seatmaker Anjar dari Vallen Jok, baru ketahuan ada yang berbeda. Yuk simak ulasannya, biar lebih paham dimana bedanya.

Anjar mengatakan jok Old Nmax sama sekali tidak bisa digunakan di versi Nmax 2020. Biar sepertinya mirip secara dimensi dan desain, di jok baru ada perbedaan teknis pada lubang baut dan pinggiran rangka joknya.

perbedaan di lubang engsel

Ia memberikan contoh perbedaan di kedua jok Nmax tersebut. Pada engsel jok depan Nmax 2020 yang punya 3 lubang baut itu, diameter maupun posisinya berbeda beberapa milimeter, sehingga dipastikan jok Old Nmax tidak akan bisa dipasang.  Selanjutnya, kaitan jok di posisi buntut pun memiliki lokasi yang berbeda, kaitan jok Old tidak akan sampai di lubang pengait Nmax 2020.

ada perbedaan di titik kaitan

Lalu masalah lebar jok juga tidak sama, apalagi plat jok Nmax 2020 sudah jauh berbeda desainnya, Anjar mempersilahkan membandingkan model bagasi Old Nmax dan New Nmax jelas berbeda kontur luas bidangnya. Terakhir, untuk busa juga berbeda, Nmax 2020 punya busa lebih tipis, ini dirancang oleh Yamaha agar penggunanya tidak jinjit saat berhenti.

lokasi kaitan kunci berbeda

Seatmaker yang berlokasi di Jatiasih, Bekasi itu mengatakan hanya satu kesamaan dari kedua jok Nmax tersebut. Yakni masalah desain, menurut Anjar desain jok custom adalah universal, sehingga desain-desain jok custom yang popular di Old Nmax masih bisa digunakan ke Nmax 2020. Contoh : model jok Eropa atau lain sebagainya.

Sayangnya, ketersediaan jok New NMAX masih sulit dijumpai secara bebas, sehingga harus order ke Yamaha dan harganya lebih mahal dari versi lawas, yaitu Rp400 ribuan. Tetapi beberapa seatmaker sudah ada yang mencetaknya sendiri memakai bahan fiber, salah satunya Vallen Jok yang menjualnya dalam paket komplit ‘Pnp’ seharga mulai dari Rp 1 jutaan.

“Semoga bro dan sis makin paham ya sekarang…”

Ini Dia Perbedaan Jok Old vs New Nmax

Posted by MBtech Riders on Tuesday, 15 September 2020