Ini Dia Rekor Terpecahkan di Oscar 2018

Pada penyelenggaraan Academy Awards ke-90 pada Minggu malam (4/3) waktu Amerika Serikat di Dolby Theatre, Los Angeles, ada beberapa rekor yang pecah.

Berikut adalah beberapa catatan paling penting yang dipecahkan pada Oscar 2018, layaknya dilansir Time:

James Ivory, Skenario Adaptasi Terbaik
Ivory (89) menjadi pemenang Oscar tertua yang pernah ada. Dia telah masuk dalam nomine sebanyak tiga kali sebelumnya, tapi ini adalah kemenangan pertamanya. Dalam sambutannya, Ivory meneriakkan nama rekan kerjanya, Ismail Merchant dan Ruth Prawer Jhabvala.

Jordan Peele, Skenario Asli Terbaik
Sutradara “Get Out” memecahkan rekor Oscar 2018, sebagai penulis skenario berkulit hitam pertama yang menang dalam Academy Award untuk Skenario Asli Terbaik. Peele, yang juga nomine sebagai Sutradara Terbaik dan Gambar Terbaik, mengucapkan terima kasih pada semua orang yang telah menonton filmnya.

The Shape of Water, Gambar Terbaik
“The Shape of Water” menjadi film fiksi ilmiah pertama yang mendapatkan penghargaan tertinggi dalam penghargaan Academy Award. Meskipun film itu perpaduan antara berbagai genre, termasuk romansa dan fantasi, namun kisah antara manusia dan dewa sungai memenuhi syarat sebagai film science fiction.

A Fantastic Woman, Film Berbahasa Asing Terbaik
Film tersebut tidak hanya menonjol karena narasi langkanya, yang berpusat pada kehidupan seorang wanita transgender, tetapi juga menjadi film Chili pertama yang menang dalam Oscar untuk kategori film Berbahasa Asing Terbaik.

John Williams, Best Original Score
Williams, yang menjadi nomine untuk Karya Asli Terbaik untuk “Star Wars: The Last Jedi”, memecahkan rekornya sendiri di ajang Oscar. Komposer film veteran, yang telah memenangkan lima Oscar ini adalah orang yang paling banyak masuk dalam nomine. Artinya, Williams juga memegang gelar sebagai sosok yang banyak kehilangan Oscar, yakni 46 kali.

copyright © antara 2018