Inovasi Baru 7-Eleven, Toko Tanpa Kasir

Ingat dengan toko waralaba 7-Eleven yang sempat ‘hype’ di Jakarta dan kemudian menghilang kembali. Nah kini di kantor pusatnya yang berada di Irving, Texas, Amerika Serikat melakukan inovasi baru berupa toko tanpa karyawan. Ya, tanpa manusia yang menjaganya termasuk kasirnya.

Dalam toko berukuran 65 m2 yang berada di satu area kantor pusat 7-Eleven dijadikan proyek percontohan perusahaan waralaba kelas dunia itu.  Barang – barang yang dijajakan di estalase merupakan produk yang biasa dibeli oleh konsumen, seperti minuman ringan, makanan ringan, bahan makanan, obat-obatan non resep dokter dan barang kebutuhan selain makanan.

Cara pembeliannya cukup mudah, para karyawan 7-Eleven diwajibkan mengunduh sebuah aplikasi pembayaran yang dibuat 7-Eleven. Lalu scan barcode barang yang dibeli dan otomatis sistem dari aplikasi akan mendebet saldo yang tersimpan di rekening aplikasi milik karyawan.

“Metode ini simpel, tanpa perlu mengantri di kasir dan pembeli dapat langsung keluar dari toko 7-Eleven, kami berharap di masa datang dapat diterapkan di semua jaringan 7-Eleven,” kata Mani Suri, Vice President dan Chief Information Officer 7-Eleven.