Jaguar Produksi Ulang E-Type Edisi ‘Anniversary ke-60’

Jaguar akan memproduksi ulang mobil sport ikonik E-Type dalam rangka merayakan ‘Anniversary ke-60’ pembuatan mobil tersebut. Produksi ulang mobil dengan sebutan ’60 Edition’ tersebut dibuat dalam jumlah sangat terbatas. Divisi khusus Jaguar Classic hanya memproduksi enam pasang E-Type di kantor pusatnya di Warwickshire.

Yakni model purwarupa Fixed Head Coupé berwarna abu-abu yang terdaftar dengan nama ‘9600 HP’ dan pernah dikendarai dari Coventry ke Swiss pada malam sebelum E-Type diluncurkan. Satu lagi adalah model roadster berwarna hijau dengan nama ‘77 RW’. Mobil ini dikendarai semalaman tanpa henti langsung dari pabrik ke Geneva oleh kepala test driver, Norman Dewis.

Produksi dilakukan sebagai bentuk penghormatan Jaguar kepada kedua mobil yang digunakan waktu peluncuran model tersebut di pameran otomotif Geneva Motor Show tahun ‘60 itu. Kedua model yang dibuat tetap menggunakan mesin aslinya, yaitu mesin 6 silinder 3.8-L memproduksi tenaga 223 hp. Perlu diingat saat E-Type pertama kali diluncurkan, mesin ini bisa membawa keduanya hingga kecepatan 241 km/jam.

Spesifikasi ’60 Edition’ ini akan menggunakan cat khusus dengan nama ‘Drop Everything Green’ dan ‘Flat Out Grey’ yang penamaannya disesuaikan dengan cerita di balik peluncuran. Pemesanan juga sudah bisa dilakukan dengan mengontak langsung divisi Jaguar Classic, namun belum ada bocoran harga dari masing-masing model.

Source : Autocar