Jangan Salah Pilih Sarung Tangan Motor

Berkendara dengan sepeda motor sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dalam bertransportasi di perkotaan. Selain menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm, sepatu dan jaket, sarung tangan atau glove juga perlu dipakai sebagai proteksi dari risiko berkendara.

Namun di pasaran banyak jenis glove yang diproduksi oleh para produsen apparel, baik dari dalam negeri maupun brand impor ternama dunia. Anda jangan sampai salah pilih model glove. Perlu dipahami, sebuah glove itu harus bisa memberikan rasa nyaman dan punya nilai perlindungan lebih pastinya.

Jenis glove sendiri bisa dipecah menjadi beberapa fungsi. Ada yang untuk dipakai berkendara  motor harian, balap di sirkuit, touring hingga yang kuat terhadap cuaca dingin maupun musim hujan. Bahan pelapis glove biasanya terbuat dari material kain/mesh, kulit sintetis, kulit asli, sampai bahan tahan air seperti GORE-TEX.

Dengan banyaknya model yang ditawarkan juga berpengaruh terhadap harga jual yang berbanding dengan fitur yang ditawarkan, seperti material hingga protektor yang dipakai dari masing-masing brand. Tetapi perlu diingat, pilihlah glove yang paling sesuai dengan kegunaannya, jika untuk dipakai sehari-hari model glove berbahan mesh atau kulit sudah cukup mengakomodirnya. Andai ingin memakai versi balap di jalan raya, Anda harus berkorban dengan unsur kenyamanan.

Nah inilah cara dasar untuk memilih glove yang cocok dipakai berkendara sehari-hari.

  1. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan telapak tangan Anda. Jangan terlalu sempit atau longgar, pilih yang menurut Anda ternyaman dari ukuran yang ditawarkan.
  2. Jenis material yang digunakan harus bisa memberikan rasa nyaman lewat fitur sirkulasi udara yang baik. Hal ini penting agar tangan tidak merasa gerah serta berkeringat.
  3. Usahakan dari glove yang dipilih memiliki bantalan di bagian bawah, ini berfungsi agar telapak tangan tidak pegal dan bisa meredam getaran dari grip/stang motor saat melintasi permukaan jalan yang tidak baik.
  4. Pilih desain dan proteksi sebisa mungkin yang dapat memberikan proteksi maksimal terhadap tangan saat terjadi gesekan dengan permukaan jalan. O iya, untuk hal ini perlu menyesuaikan budget Anda. Karena semakin lengkap dan bagus desainnya, ikut mendongkrak banderol Glove.
  5. Sekarang tersedia jenis glove yang pada ujung sarung jarinya terpasang sebuah material untuk menggerakkan layar touchscreen dari smartphone, ingat jika memilih model ini tetap harus dalam posisi berhenti ketika mengoperasikannya. Dan usahakan permukaan bawah glove tidak licin terhadap grip motor Anda.