Jenuh Main Lipat, OPPO Gunakan Layar Gulung

Di saat gawai lipat sedang tren, beberapa vendor smartphone justru membuat inovasi baru dengan spesifikasi yang lebih canggih. Salah satunya OPPO yang memperkenalkan teknologi layar gulung pada perhelatan OPPO INNO Day 2020 (17/11/2020) di China.

OPPO menjadi vendor smartphone pertama di dunia yang memperkenalkan teknologi ini dengan smartphone-nya yang diberi nama OPPO X 2021. Teknologi ini juga disebut akan membuka babak baru di dunia smartphone. Ponsel tersebut punya layar yang dapat dibuka dengan cara menggulungnya keluar. Perangkat ini menggunakan continuously variable OLED display dengan layar kecilnya yang berukuran 6,7 inci. Namun saat layarnya ditarik keluar, smartphone ini akan menjadi tablet dengan ukuran maksimal 7,4 inci.

OPPO menggunakan inovasi roll motor powertrain yang terdiri dari dua motor penghasil gaya konstan untuk membuka layar dengan mulus dan halus, bahkan selebar yang diinginkan. Layarnya bisa dibuka secara full, separuh, atau seperempatnya saja.

Smartphone ini juga mengadopsi dynamic frame yang terdiri dari outer fixed dan sliding frame inside untuk melindungi mekanisme geser dari belakang. Selain itu material yang digunakan pada OPPO X 2021 ini berukuran tipis dan lentur agar bisa digulung dengan halus. Kemudian untuk menghindari kerusakan layar ketika digulung, OPPO memasang pelapis warp track yang menambah kekuatan pada layar.

 

Nah, makin canggih saja nih smartphone jaman sekarang. Namun apakah inovasi dari Oppo X 2021 ini bakal dikenalkan ke publik di Indonesia?