Jiwa Besar Petarung Sejati

Setiap manusia tentu akan menjalani dan melewati bermacam peristiwa dalam kehidupannya. Hal ini akan membentuk beragam karakter manusia dengan peruntungannya masing-masing. Ada yang sukses, ada juga yang tidak. Namun ada pula orang sukses namun selalu merasa kekurangan, karena dirinya tidak bersyukur dengan apa yang diperolehnya.

Contoh tersebut adalah sifat orang yang selalu menginginkan sesuatu di luar kemampuannya dan mengukur kesuksesan berdasarkan materi serta apa yang dimiliki orang lain. Tentu hal ini sangat tidak baik bagi dirinya dan lingkungan sekitar dengan memberikan energi negatif. Hari-harinya hanya akan diisi dengan keluh kesah, selalu menggerutu dan menjadi tidak bersyukur.

Berbeda dengan tipe orang yang bisa ikhlas dan menerima keadaan apapun kondisinya. Sifat dan berjiwa besar seperti ini harus dijaga untuk mengarungi kehidupan yang akan mengalami kondisi pasang surut. Karakter manusia seperti ini akan mantap dan tegar menatap masa depan.

Dapat tersenyum ketika kejayaan dan kesuksesan dalam genggaman tentu menjadi hal biasa. Tapi mereka yang masih tetap tersenyum dan kembali bangkit ketika tidak beruntung atau mengalami keterpurukan, itu barulah luar biasa. Karakter seperti inilah yang memiliki kekayaan hati dan merupakan petarung sejati.

Photo: Unsplash