Jok Bionic Nmax Sang Juara

Spektakuler! Karya jok motor custom milik sang Juara 1 MBtech Online Design Contest RWSA 2019 betul-betul out of the box bro, duet seatmaker muda Derrya Khansa bersama Ayahnya, Sahril Cikaret Jok, Cibinong, Bogor dalam merancang jok Yamaha Nmax ini sungguh-sungguh dipikirkan dengan tepat dan harus bisa terpasang di motor walaupun ini sebuah jok kontes. Tak hanya itu, mereka punya selera tinggi dan menonjolkan detail yang sempurna.

“Proses pembuatan joknya sendiri dikerjakan sehabis Derrya pulang sekolah dan menghabiskan waktu selama 3 bulan,” jelas Sahril selaku mentor sang putra dalam pengerjaan jok ini.

Konsep Bionic Industrial dikemukan oleh pelajar SMA kelas 10 di jok garapannya, tak heran jika elemen-elemen teknik tampak jelas mulai dari pelatuk klep motor, gir roda, per klep, camshaft, selang udara, arm custom, rumah membran 2tak custom, mini sokbreker hingga kran air juga ikut dimasukan dalam elemen di jok. Keren bro!

Selanjutnya masuk ke proses pengerjaan. Derrya tetap menggunakan rangka jok orisinil berbahan plastik punyanya Nmax. Namun untuk figur busa asli dilengserkan, ia membuatnya sendiri desainnya dengan kombinasi busa jok dan busa ati. “Figur kekarnya terbentuk dari busa yang keras (ati) om,” jelas Derrya saat ditanya oleh Mister MB mengapa bisa membuat bentuk tersebut.

Untuk bagian pengendara yang bisa bergerak dibuatkan khusus menggunakan plat yang bertumpu ke per keong di depan dan di belakangnya kita gunakan lengan ayun custom dipadu sokbreker mini custom. “Sistem serupa juga diterapkan dibagian pemboncengnya om,” senyum remaja berprestasi itu.

Agar tampilannya terlihat gahar, Derrya memilih dominasi warna Hitam dari MBtech Picasso kode MB 5001 P, MBtech Riders kode warna MBRC 2301, MBtech New Superior kode Black (MB 8801 P) , dan MBtech Premium – Carrera kode MBPC 1001. Selanjutnya aksen warna mencolok Yellow (MBRC 2307) dan Red (MBRC 2305) ditonjolkan pada detil permukaan maupun sudut-sudut jok.

Tidak ketinggalan tekstur Nappa Leather warna Grey (MBPC 1003), Red (MBPC 1010) dan motif perforated warna Charcoal (MB 9002 BD) ikut dihadirkan sebagai warna tambahan yang juga dikesankan sebagai warna elegan dari jok yang punya konsep industrial bionic ini.

Jangan heran kalau karya jok Derrya ini sejak dimunculkan di group RWS 2019 di facebook langsung mendapatkan apresiasi positif dari netizen. Hal serupa juga berlanjut saat proses penjurian 10 besar di kantor MBtech berhasil membuat juri pusing dalam memberikan nilai.

“Kreasi, ide, detail dan sebagainya betul dpersiapkan dengan baik oleh Derrya untuk bertarung di kontes online jok motor MBtech RWSA,” puji Edi Pamungkas salah satu juri MBtech. “Setelah dinilai bersama rekan juri lainnya, hasil akhir skor jok Bionic ini tertinggi dan pantas mendapat gelar The Best Motorcycle Seat 2019,” tutupnya.