Juara 1 Bersama Harimau Sumatera

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) sudah masuk dalam kategori satwa kritis yang terancam punah. Konon kabarnya di Pulau Sumatera, Indonesia populasi kucing terbesar di muka bumi ini tidak sampai 400 ekor. Hal itulah yang menggerakkan hati Ade dari AJS (Ade Jok Sport) untuk menunjukkan aksi kepeduliannya terhadap Harimau Sumatera dengan membuatkan sebuah replika kucing besar itu berbentuk jok motor yang mungkin jok seperti ini hanya satu di dunia. Luar biasa bro!

Dalam proyek khusus untuk turun kontes jok The Best Online Design Contest MBtech Riding With Style Awards 2018 ini Ade mengambil basis jok milik Yamaha Aerox 155.

Cara pembuatan jok bernama Tiger Riders Stylish ini terbilang rumit, karena Ade ingin menciptakan figur Harimau dalam bentuk 3D maka ia perlu membuatkan pola dari plat aluminium. “Plat itu digambar dulu lalu digunting dan juga perlu diketok supaya dapat lekungan yang diinginkan saya,” papar seatmaker beralamat di Perum 2, Jalan Empu Barada Raya No. 21 Karawaci, Tangerang.

Setelah masing – masing pola itu terbentuk barulah Ade menaruh matras di atas plat dan untuk menyatukan ke dalam rangka jok asli Aerox 155 cukup dibor lalu dipasang baut dari bawah rangka.

Ade mengaku kesulitan terbesarnya adalah menciptakan bentuk yang pas. Tak hanya itu menciptakan motif loreng kulit Harimau Sumatera juga membuatnya pusing. Dengan kesabaran dan ketekunan menyatukan pola bahan MBtech Riders warna Orange (MBRC 2306) dan Black (MBPC 1001) dari MBtech Premium – Carrera , akhirnya Ade berhasil mewujudkannya.

Untuk warna lain seperti White (MBRC 2303) dijadikan elemen warna bagian muka dan badan. “Saya juga kasih warna Black (MBRC 2301) milik MBtech Riders di leher Harimau,” lanjutnya.

Terakhir detail seperti mata diperoleh dari boneka Harimau dan kumis dibuat dari senar pancing. Lalu Ade menghabiskan waktu selama 1 bulan lebih dalam mengerjakan jok Harimau Sumatera ini.

Berkat detail dan efek 3D yang sempurna mampu menjadikan replika Harimau Sumatera asal Tangerang ini sebagai The Best Motorcycle Seat alias Juara 1 dalam The Best Online Design Contest MBtech Riding With Style Awards 2018. Tak hanya itu, Ade pun berhak membawa pulang sebuah Yamaha Nmax.

“Oiya, jok ini bisa dipesan seharga Rp 3,5 juta untuk Aerox 155, Nmax dan PCX. Kalau XMAX cukup dimahar Rp 4 juta,” tutup sang juara RWSA Online 2018 ini.