Judas Priest Menghibur “Metalhead” Indonesia

Penantian panjang para metalhead Indonesia untuk menyaksikan salah satu legenda musik heavy metal dunia, Judas Priest, akhirnya terobati.

Band asal Inggris ini datang ke Indonesia untuk pertama kalinya dalam rangkaian tur konser bertajuk “Firepower Tour” yang diadakan di Ecopark Ancol, Jakarta, Jumat (7/12) malam.

Rob Halford dan kawan-kawan membuka penampilannya dengan membawakan lagu “Firepower” yang diambil dari album terbaru mereka dengan judul yang sama. Suara lantang penuh tenaga dari sang vokalis seketika membius ratusan penonton yang hadir malam itu.

Tanpa basa-basi, Judas Priest meneruskan penampilannya dengan membawakan lagu “Running Wild”, dan “Grinder”. Walaupun usia Rob Halford sudah tidak lagi muda, namun aksi panggung dan suaranya masih beringas seperti dulu.

“Halo Indonesia, halo Jakarta. Kalian siap dengan gaya heavy metal Judas Priest,” kata Rob Halford sebelum membawakan lagu “Sinner”.

Penonton yang berada di baris depan moshpit pun sama beringasnya. Mereka tanpa malu-malu menunjukkan aksi headbang, crowd surfing, hingga mengangkat tangan membentuk simbol metal yang menghiasi udara.

“Apa kabar,” sapa Rob Halford dalam bahasa Indonesia usai membawakan lagu “Dessert Plains” dari album “Point of Entry”.

“Senang sekali bisa bertemu untuk pertama kalinya di Jakarta menyapa komunitas heavy metal di sini,” lanjut Rob.

“Kita punya kekuatan, kita punya passion, kita punya energi. Kita tak pernah menyerah, kita tidak pernah jatuh,” teriak Rob menyemangati penonton sebelum akhirnya menyanyikan lagu “No Surrender”.

Hal unik terjadi ketika Rob Halford tiba-tiba masuk ke panggung dengan menunggang motor Harley Davidson sebelum lagu “Hell Bent for Leather”.

Kejutan lain juga terjadi ketika sesi encore, gitaris Glenn Tipton yang merupakan personel lama Judas Priest tiba-tiba muncul memainkan gitarnya di tiga lagu berjudul “Metal Gods”, Breaking the Law”, “Living After Midnight” yang menjadi suguhan terakhir penampilannya di Indonesia.

Satu setengah jam durasi penampilan Judas Priest sukses menghibur penggemarnya di Indonesia. Usia tidak jadi penghalang bagi Rob Halford untuk menunjukkan keganasannya di atas panggung. Suaranya masih terdengar lantang saat menyanyikan lagu dengan nada tinggi dan tempo cepat.

Hal yang sama ditunjukkan Glenn Tipton saat mengisi gitar di tiga lagu terakhir. Jari jemarinya masih lincah memainkan melodi gitar dengan baik.

Selama jalannya konser, Judas Priest rutin menjalin interaksi dengan penonton. Seperti ketika Rob Halford meminta penonton mengikuti nada suaranya disela penampilan.

Berbagai kejutan yang dihadirkan juga semakin menambah keseruan menonton konser Judas Priest. Indonesia merupakan negara penutup dalam rangkaian tur konser Judas Priest di tahun 2018 ini.

copyright © antara 2018