Kenyamanan Moda Transportasi Kereta Api 

Banyak cara dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) agar layanan moda transportasi umum kereta api dapat dinikmati semakin luas oleh masyarakat di tanah air. Terlebih kereta api menjadi alternatif kendaraan favorit oleh sebagian besar warga, baik untuk perjalanan wisata atau pulang kampung ketika momen hari raya.

Perlahan PT KAI membenahi berbagai sektor pelayanan, seperti mengutamakan keamanan dan keselamatan kepada calon penumpang serta memperhatikan faktor kenyamanan. PT KAI pun telah menyediakan beragam fasilitas dan kemudahan. Seperti pemesanan tiket yang dapat dilakukan secara online, menyediakan ATM center, restoran, ruang tunggu, lounge dan fasilitas lainnya.

Imej kereta api pun kian membaik menjadi jenis transportasi yang dapat diandalkan. Sehingga penumpang bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan dan merasakan nuansa berbeda ketika bepergian dengan memilih kelas yang disediakan, mulai dari eksekutif, bisnis, premium dan ekonomi.

Selama perjalanan penumpang dapat menikmati layanan berupa TV, AC, colokan listrik untuk gawai hingga tempat duduk yang bisa direbahkan atau reclining seat. Selain berbagai fasilitas di atas, penumpang juga dapat merasakan kenyamanan bangku kereta api. Dikabarkan PT KAI secara khusus memberi perhatian pada bagian kursi dengan menggunakan bahan sintetis berkualitas pada gerbong kereta api dengan tujuan tertentu.

Oh ya, selain empat kelas penumpang yang telah disebutkan, untuk beberapa rute yang telah ditetapkan, PT KAI juga telah menyediakan kelas tambahan penumpang VVIP, yakni Kereta Sleeper dan Kereta Wisata. Menaiki kelas VVIP ini, penumpang tidak akan merasakan seperti naik kereta api, tapi dapat merasakan pengalaman sangat mewah layaknya jet pribadi atau hotel bintang lima.

Photos : INKA