Ketika Mobil Jadi Bintang Film  

Film bertema mobil sudah banyak dibuat dan memiliki penggemar tersendiri, karena menyajikan adegan seru kejar-kejaran yang bisa membuat adrenalin terpacu. Karakter pemain utama sebagai jagoan biasanya akan disandingkan dengan mobil yang super keren.

Salah satu indikator keberhasilannya adalah banyak penonton yang membicarakan setelah menyaksikan film dan hubungan ikonik yang tercipta antara jagoan dengan mobil yang digunakan. Nah, berikut sejumlah film yang dikaitkan dengan brand mobil tertentu. Film apa saja? Ini dia.

Aston Martin – James Bond  

Karakter playboy sosok James Bond sebagai agen mata-mata 007 kerap disandingkan dengan sportcar eksotis untuk menemaninya beraksi. Namun dari sejumlah pabrikan, mobil Inggris Aston Martin yang setia menemani dirinya berpetualang.

Dalam film terbaru No Time To Die yang akan tayang November mendatang, karakter rekaan buatan Ian Fleming ini menghadirkan secara khusus Aston Martin DB5 yang pernah digunakan juga pada film Goldfinger tahun 1964 bersanding dengan supercar terbaru Aston Martin lainnya, seperti Valhalla, DBS Superleggera.

Mitsubishi – Jackie Chan  

Sudah bukan rahasia lagi jika actor laga Jackie Chan memiliki hubungan khusus dengan pabrikan mobil Mitsubishi. Hampir dalam setiap film yang dibintangi, Jackie menggunakan mobil berlogo tiga berlian ini untuk menemaninya beraksi.

Bahkan dalam garasinya, aktor kelahiran tahun 1954 tersebut diketahui menyimpan sejumlah mobil Mitsubishi dari berbagai model dan terbilang langka. Seperti Pajero Turbo, Lancer Evolution VIII & IX, 3000GT Prototype dan lainnya.

BMW – Mission Impossible

Sukses mendaur ulang film lawas Mission: Impossible, Tom Cruise menggarap secara serius franchise film tersebut dengan menggandeng brand mobil BMW dalam setiap filmnya. Bukan hanya mobil, karakter Ethan Hunt yang dimainkan Tom juga mengandalkan motor BMW untuk menumpas kejahatan.

Berikut sejumlah model BMW yang terlibat dalam Mission: Impossible. M:I Ghost Protocol (2011) mobil konsep BMW i8, X3, Seri 6 Convertible dan BMW Seri 1. M:I Rogue Nation BMW M3, Seri 7 dan motor S1000RR. M:I Fallout ada mobil BMW M5, Seri 7, seri lawas E28 dan motor R Nine T Scrambler.

Mercedes Benz – Die Hard  & Jurassic World

Ketangguhan mobil Mercedes Benz juga dimanfaatkan dalam franchise film kelima Die Hard: A Good Day To Die Hard yang dibintangi Bruce Willis. Beberapa model Mercy dilibatkan dalam pembuatan film tersebut, mulai dari Mercedes-Benz G63 AMG, ML 250 BlueTEC, van Sprinter, Unimog, Zetros, C-Class dan model lainnya.

Ada pula film Jurassic World yang mengandalkan ketangguhan SUV GLE  450 AMG dari pabrikan asal Jerman ini untuk meloloskan diri dari kejaran mahluk prasejarah.

Audi – Transporter & Iron Man

Dua film di atas bisa dikatakan berhasil mengangkat imej mobil Audi sebagai kendaraan ikonik yang digunakan oleh pemeran utamanya. Dibintangi oleh Jason Statham (Frank Martin), film ini mengandalkan performa Audi A8 sebagai tandemnya.

Sedangkan Robert Downey Jr. yang memerankan Tony Stark dalam film Iron Man, berkesempatan menggeber sejumlah model Audi, mulai R8, A8, S5, dan Q7.

Selain film-film yang di atas secara khusus menjalin kerjasama, ada sejumlah film lainnya yang ikonik dan memiliki keterikatan dengan brand mobil tertentu. Seperti pada film Italian Job yang sukses  di tahun 1963 dan dibuat ulang di tahun 2003 dengan tetap menggunakan mobil Mini Cooper.

Lalu ada pula Chevrolet yang tampil superior dalam film Transformers dan memiliki nilai history sejak kemunculan perdananya sebagai karakter robot Bumblebee melalui seri Z28. Sejak itu beberapa model lain dari Chevrolet selalu muncul, mulai SS, Z5, Sonic, Trax, Corvette Stingray, ZL1 dan lainnya.

Film-film lain yang juga dikenal karena kemunculan mobil sebagai ‘pemerannya’ adalah Taxi dengan Peugeot, Herbie dengan Volkswagen Bettle, Initial D dengan Toyota Trueno (AE86), Dukes of Hazzard dengan Dodge Charger, Back To The Future dengan DMC DeLorean, Knight Rider dengan Pontiac Trans Am dan masih banyak lagi.

Yang mana favorit mu?