Kia Rilis Spesifikasi Lengkap Sorento 2021

Melewati kampanye teaser yang panjang, hingga akhirnya mengeluarkan gambar Kia Sorento di Februari lalu, kini pabrikan mobil asal Korea Selatan merilis detail spesifikasi SUV terbaru mereka. Pertama dan terpenting dari Sorento baru ini adalah akan mendapatkan mesin listrik yang mereka sebut Smartstream. Teknologi ini menggabungkan mesin injeksi 1.6-L turbocharged dengan baterai polimer lithium-ion 1,49 kWh yang terhubung dengan motor listrik 44,2 kW.

Kombinasi hibrid sistem yang digunakan dapat menghasilkan tenaga mencapai 227 hp dan torsi 350 Nm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis enam percepatan. Adanya penambahan perangkat listrik pada transmisi memungkinkan transfer tenaga dari mesin dan motor dapat berjalan secara paralel sehingga hasilnya tetap maksimal.

Versi Sorento hibrid akan tersedia hanya untuk beberapa negara di Eropa. Dan di tahun ini pula, selanjutnya Kia juga akan  memperkenalkan versi plug-in hibrid dari Sorento ini. Untuk versi yang terakhir disebut ini akan menggunakan mesin diesel 2.2-L yang memiliki keluaran tenaga 199 hp dan torsi 440 Nm.

Mesin plug-in hibrid tersebut akan dipasangkan dengan kopling basah ganda otomatis delapan percepatan yang baru. Setelah merilis spesifikasi dan data mesin, Kia juga akan merilis konsumsi bahan bakar dan juga tanggal penjualan di akhir tahun ini. Sebagai pengingat, Sorento baru juga akan mendapatkan mesin gas 2.5-L turbocharged dengan tenaga lebih besar yakni 277 hp dan torsi 421 Nm.

Tentu untuk model 2021 ini, Sorento juga akan dilengkapi teknologi dan fitur keselamatan yang dapat meminimalkan jika terjadi tabrakan dengan hadirnya monitor blind spot, surround monitor, blind spot collision, adaptive cruise control dan masih banyak lagi.

Source : Motor1