Lockheed Martin Buat Pesawat Untuk Ke Bulan

Raksasa kedirgantaraan Amerika Serikat (AS) Lockheed Martin, merespons rencana NASA untuk memperbarui eksplorasi bulan dan Mars pada dekade mendatang, pada Rabu (03/10), dengan menyingkap sebuah konsep pesawat antariksa yang bisa mendarat di permukaan bulan, AFP, Kamis.

NASA mengatakan mereka berencana mengirimkan astronot ke bulan untuk pertama kalinya sejak 1972 sebagai tahap awal perjalanan ke Mars – bagian dari kebijakan resmi AS yang ditetapkan Presiden Donald Trump.

Untuk mencapai tujuan ini, NASA telah meminta produsen industri kedirgantaraan agar mengajukan rencana membangun sebuah stasiun luar angkasa yang mengorbit bulan, disebut “Lunar Gateway”, serta pesawat antariksa yang bisa mendarat di bulan.

Stasiun yang mengorbit tersebut akan dirakit, dengan bantuan negara lain, pada 2020-an dan bisa membawa empat orang pada 2026, menurut sebuah kalender NASA yang ditunjukan pada Agustus.

Konsep pesawat pendaratan bulan Lockheed Martin, didesain untuk pulang pergi antara permukaan bulan dengan mengorbit “Lunar Gateway,” disingkap di World Astronautical Congress di Bremen, Jerman.

Pesawat itu bisa menampung empat orang, membawa satu ton metrik perlengkapan, dan tinggal di bulan hingga dua pekan tanpa isi ulang bahan bakar sebelum kembali mengorbit stasiun tersebut.
copyright © antara 2018