McLaren Capai Produksi ke 15.000 Unit

Pada tahun 2011 menjadi kali pertama McLaren memproduksi unit mobil 12C miliknya di Woking, Surrey. Tujuh tahun kemudian, pabrikan asal Inggris tersebut merayakan produksi kendaraannya yang ke 15.000 dengan produksi 20 unit mobil perharinya.

Bisa dibilang awal pertama tonggak kesuksesan yang diraih McLaren terjadi pada tahun 2017 dengan pengiriman 3.340 unit McLaren pada tahun kalender sebelumnya. Sedangkan yang kedua adalah pada lomba balap F1 di tahun 1990an, saat divisi otomotif McLaren belum sebesar sekarang.

Saat ini ada 3 tingkatan model McLaren, dimulai dari Sport Series terdiri dari model 540 dan 570, kemudian Super Series yaitu model 720 dan terakhir adalah Ultimate Series berisikan model P1, Senna, BP23 dan Hyper-GT dengan dua pertiga dari penjualan global berasal dari Sports Series dan sepertiga datang dari Super Series.

Sementara untuk Ultimate Series seperti Senna memiliki pasar yang berbeda sama sekali. Bahkan kini Senna tengah memasuki masa produksi di McLaren Production Center yang didesain oleh Foster + Partners. Meski dengan angka produksi dan jumlah penjualan tersebut, bisa dikatakan McLaren tetap menjadi merek yang eksklusif, termasuk kebijakan dengan tidak berencana menambah model SUV ke jajaran modelnya.

Source : Autoevolution