Megahnya Karya Arsitek Ridwan Kamil

Sosok Ridwan Kamil semakin dikenal sejak dirinya menjabat sebagai walikota Bandung melalui terobosan dan program kerja yang bermanfaat bagi warga di kota Kembang tersebut. Pria yang sering disapa Kang Emil tersebut kini dipercaya menjadi Gubernur provinsi Jawa Barat.

Tapi tak banyak yang tahu jika pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini juga seorang arsitek jebolan Insitut Teknologi Bandung. Bahkan beberapa bangunan rancangan yang dikerjakan bersama firma arsitek Urbane Indonesia miliknya, kini menjadi landmark menakjubkan di sejumlah daerah.

Pria yang mengambil gelar S2 di University of California, Berkeley ini juga dikenal dengan rancangan desain masjid yang sangat fenomenal. Seperti Masjid Al Safar di rest area Tol Purbaleunyi KM 88 arah Jakarta.

Desain masjid ini sempat menjadi perdebatan karena desainnya berbentuk segitiga dan dikaitkan dengan simbol iluminati. Namun dalam sebuah forum Kang Emil membantah, desain merujuk pada bentuk topi ikat adat Sunda dan terinspirasi dari teknik lipatan kertas origami dari Jepang.

Lalu ada Mesjid 99 Kubah Makassar yang terletak di kawasan Centre Point of Indonesia. Desain mesjid memiliki 99 kubah yang mengelilingi masjid melambangkan jumlah Asmaul Husna. Di Sumatera Barat, Kang Emil juga menyumbangkan pemikirannya ketika mendesain Mesjid Raya Sumatera Barat. Desain mesjid terinspirasi dari kain yang terbentang dari kisah empat suku Quraisy yang bertikai dalam menentukan orang yang berhak meletakkan batu Hajar Aswad di pojok Kabah setelah direnovasi.

Sejumlah masjid lain di wilayah Indonesia yang didesain oleh pria yang bermain dalam film Dilan ini adalah Masjid Jami’e Darussalam Jakarta, Masjid Polda Jabar, Masjid Raya Asmaul Husna Serpong, Masjid Terapung Gedebage Bandung, Masjid Al-Irsyad Padalarang, Masjid Al-Azhar Summarecon Bekasi dan masih banyak lagi.

Sedangkan di luar negeri Kang Emil juga pernah mendesain Masjid Raya Sevilla Spanyol, Masjid Gaza Palestina dan Masjid Islamic Centre Beijing. Sedangkan proyek international yang pernah dibuat adalah Marina Bay Waterfront Singapura, Ras Al Khaimah Waterfront di Uni Emirat Arab, Suzhou Retail Masterplan di China dan sebuah klub house di Calcutta.

Photo dari berbagai sumber.