Memaafkan Dan Berbuat Kebaikan

Dalam keseharian pasti kita akan berinteraksi dengan orang lain dan terkadang kita berbuat salah. Baik disengaja atau tidak. Tentu sudah sepantasnya ketika menyadari, kita segera meminta maaf dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.

Namun di sisi lain, tidak semua orang akan mudah memaafkan, terlebih jika kesalahan yang diperbuat sangat melukai hati dan mengguncang perasaan. Tentu hal ini akan menimbulkan dendam berkepanjangan yang tak bisa dihilangkan hanya dengan permintaan maaf.

Namun jika telah terlanjur, maka mulai sekarang belajarlah untuk memaafkan. Bukan untuk mencari kemenangan tetapi lebih pada kedamaian hati dan juga kebahagiaan diri sendiri. Dan sesuai kondisi sekarang serta sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan 2020 mari kita menjaga ucapan, sikap dan lisan kita.

Selalu sirami hati dan isi hari kita dengan melakukan kebaikan antar sesama manusia. Diharapkan dengan begitu kita bisa membuat perbedaan besar. Tidak hanya bagi diri kita tetapi juga menyebarkan kebaikan di dunia untuk kehidupan yang lebih indah.

Photo: Unsplash