Menang 2-1 Juventus Depak Tottenham

Juventus memetik kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur (agregat 4-3) pada leg kedua 16 besar Liga Champions, di Stadion Wembley, London, Kamis dini hari waktu Indonesia.

Hasil ini membuat Juventus yang semula tidak diunggulkan berhasil lolos ke babak perempat final menemani Liverpool dan Real Madrid yang sudah mengamankan posisinya pada Rabu, (7/3).

Tottenham setidaknya menguasai 60 menit pertandingan lewat gol Heung Min Son, sebelum Gonzalo Higuain dan Paolo Dybala menghancurkan harapan tim asal Kota London itu.

Kecerdikkan pelatih Juventus, Max Allegri, dalam melakukan pergantian pemain dan mengubah strategi pada pertengahan babak kedua menjadi poin penting di balik kemenangan klub papan atas Italia itu.

Pada awal pertandingan, kedua tim sama-sama memainkan strategi menyerang dengan peluang pertama Tottenham yang diciptakan Heung-Min Son yang dibalas tandukan Higuain.

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, berjibaku untuk menghentikan tendangan-tendangan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Delle Alli dan  Heung-Min Son, serta peluang Harry Kane dari umpan Eriksen.

Tottenham membuat pendukung di Stadion Wembley bersorak setelah unggul 1-0 melalui sontekan Heung-Min Son yang menyambut umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan pada menit 39.

Pada pertengahan babak kedua, Juventus merombak strategi dengan memasukkan Kwadwo Asamoah dan Stephan Lichtsteiner menggantikan Blaise Matuidi dan Medhi Benatia.

Pergantian pemain itu membuat pola permainan Juventus berubah menjadi lebih melebar. Bianconerri pun berhasil membalas 1-1 lewat gol Gonzalo Higuain seusai meneruskan umpan Khedira yang menyambut bola diagonal dari Lichtsteiner pada menit 64.

Juventus membalikkan kedudukan menjadi unggul 2-1 melalui gol Paolo Dybala yang memanfaatkan kelengahan bek tengah Spurs, Sanchez, yang membiarkannya menguasai bola dari umpan Higuain pada menit 67.

Setelah gol itu, Juventus perlahan mulai menerapkan permainan bertahan yang dibarengi dengan serangan-serangan pemain Tottenham. Harry Kane dan Heung-Min Son berkali-kali berupaya mendobrak pertahanan Juventus, namun skor 2-1 bertahan hingga laga usai, demikian laman UEFA.

Susunan pemain:

Tottenham: Lloris, Trippier, Sanchez, Vertonghen, Davies, Dier, Dembele, Eriksen, Alli, Son, Kane

Cadangan: Vorm, Rose, Wanyama, Lucas, Lamela, Sissoko, Llorente

Juventus: Buffon, Barzagli, Benatia, Chiellini, Alex Sandro, Khedira, Pjanic, Matuidi, Douglas Costa, Higuain, Dybala

Cadangan: Szczesny, Rugani, Lichtsteiner, Asamoah, Marchisio, Sturaro, Bentancur

copyright © antara 2018