Menang 3-0 Atas Barcelona, AS Roma Melaju ke Semi Final

Lakon pembalasan nan manis lagi apik dipertontonkan Daniele De Rossi dan Kostas Manolas, dua penggawa AS Roma yang berperan penting demi meraih kemenangan 3-0 atas Barcelona dalam laga kedua perempat final Liga Champions di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan itu, menjadi modal Roma melangkah ke babak semi final setelah skor agregat 4-4 namun Pasukan Serigala unggul berkat gol tandang kala menyambangi Stadion Nou Camp pekan lalu.

De Rossi dan Manolas, seolah membalikkan status mereka dari bahan ejekan para suporter Barcelona akibat dua gol bunuh diri yang mereka cetak di laga pertama, menjadi pahlawan kemenangan bagi tifosi Roma lewat dua gol penentu yang mereka cetak kali ini.

Memasuki laga dengan skema yang berubah total, Roma memantik asa untuk melaju ke semi final lewat gol cepat Edin Dzeko yang membuka keunggulan pada saat laga baru berjalan enam menit.

De Rossi melepaskan umpan silang yang berhasil dibelokkan dengan sentuhan tipis Dzeko demi menaklukkan penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen.

Keunggulan bertahan hingga turun minum di tengah permainan Barcelona yang tidak terlihat menebarkan ancaman satu pun bagi tuan rumah.

Publik Olimpico bersorak ketika Gerard Pique melakukan pelanggaran terhadap Dzeko di dalam area terlarang pada menit 57.

De Rossi yang maju sebagai algojo membayar lunas kesalahannya di laga pertama dengan mengkonversi tendangan penalti menjadi keunggulan 2-0 bagi Roma.

Roma terus keluar menekan tim tamu, meski Barcelona juga menciptakan peluang termasuk ketika tembakan Lionel Messi masih bisa diselamatkan Alisson pada menit 74.

Pada menit 82, tak ada satupun penggemar Roma yang patut duduk jika menyaksikan momen yang terjadi, sebab Manolas berhasil menyambut tendangan pojok dari pemain pengganti Cengiz Uender.

Tandukan Manolas tak mampu dijangkau Ter Stegen dan Roma unggul 3-0 sekaligus unggul agregat gol tandang.

Selanjutnya, boleh jadi merupakan delapan menit terlama bagi para penggemar Roma, termasuk ketika Federico Fazio sukses menghalau sepakan Luis Suarez menyambut umpan tarik Messi pada menit 90, serta tendangan spekulasi Ousmane Dembele yang tipis melayang di atas mistar gawang.

Masa-masa kritis usai, Roma melaju, Barcelona tersingkir.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

AS Roma (3-5-2): Alisson; Kostas Manolas, Federico Fazio, Juan Jesus; Alessandro Florenzi, Radja Nainggolan (Stephan El Shaarawy), Daniele De Rossi, Kevin Strootman, Aleksandar Kolarov; Edin Dzeko, Patrik Schick (Cengiz Uender)

Pelatih: Eusebio Di Francesco

Barcelona (4-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo (Ousmane Dembele), Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Sergi Roberto, Ivan Rakitic, Sergio Busquets (Paco Alcacer), Andres Iniesta (Andre Gomes); Lionel Messi, Luis Suarez

Pelatih: Ernesto Valverde

copyright © antara 2018