Mengenal Refresh Rate dan Fps Pada Layar Smartphone

 

Pertama apa itu refresh rate, kenapa refresh rate begitu penting pada smartphone. Refresh rate merujuk ke suatu spesifikasi pada monitor atau panel yang mengukur seberapa kali sebuah frame (gambar)  atau inforrmasi pada layar diperbarui (di-refresh) setiap detiknya. Satuan ini diukur dalam Satuuan Hertz atau Hz. Dapat disimpulkan bahwa 1 Hz sama dengan 1 frame perdetik. Jika layar smartphone mempunyai spesifikasi 60 Hz maka layar mampu menampilkan 60 gambar setiap detiknya, begitu juga layar 90 Hz dan 120 Hz. Semakin tinggi angka refresh rate pada layar smartphone maka semakin mulus pula gambar yang ditampilkan.

Lalu apa itu Fps, Fps yang biasa disebut dengan frames-per-second (fps). FPS merupakan ukuran berapa banyak frame yang ditampilkan pada display per detik.  Jadi ketika menampilkan konten dengan 90fps pada layar dengan 90Hz, layar akan menampilkan seluruh frame. Begitu pula jika frame rate lebih rendah maka layar akan menyesuaikan. dan refresh rate merupakan teknologi di dalam layar, sementara fps merupakan spesifikasi dari gambar atau video yang ditampilkan. Jika video 120 fps dimainkan di layar 60 Hz, maka layar sejatinya bakal menyesuaikan video tersebut agar bisa diputar dalam mode 60 fps. Beda halnya bagi layar 120 Hz yang bisa menampilkan video 60 fps, 90 fps, hingga 120 fps.

Jika bingung dengan penjelasan diatas terdapat video yang telah dibuat untuk membandingkan tingkat refresh rate pada smartphone.

 

Tetapi terdapat beberapa kekurangan jika smartphone mempunyai refresh rate tinggi yaitu konsumsi daya baterai yang lebih boros daripada smartphone lainnya. Tentu biaya komponen yang lebih mahal dan membuat harga smartphone melonjak lebih tinggi. Alangkah baiknya jika anda memakai smartphone untuk kebutuhan sehari – hari seperti chating dan menonton video anda bisa memilih smartphone dengan refresh rate normal 60 hz.