Menggali Potensi Diri

Sering kali kita memotivasi diri dan menggali potensi lain dalam diri kita supaya lebih baik dengan mencoba hal baru. Namun terkadang keinginan tersebut dipatahkan oleh sifat pesimis dan sisi lemah kita yang tidak yakin dan tidak berani membayangkan kerugian jika usaha tersebut gagal. Tentu hal ini hanya akan menghambat dan membuat kita berjalan di tempat.

Bayang-bayang kegagalan dan takut mencoba hal baru membuat kita terperangkap dalam zona nyaman yang seiring waktu bisa terkikis. Rasa minder dan pesimis membuat kita tak percaya dapat berbuat lebih besar dan menggapai sukses. Akhirnya perasaan negatif akan mematikan cita-cita dan membuat hidup berjalan lambat.

Untuk itu jangan pernah meragukan potensi yang ada dalam diri kita. Terus berusaha dengan sungguh-sungguh dan ukir prestasi selagi masih bisa. Bahkan saat kita tenggelam dalam keterpurukan pun kita bisa mengasah kemampuan lain yang justru akan lebih baik dan membanggakan.

Perlu dicatat, bakat dan kelebihan tidak selalu muncul sejak awal maupun bawaan lahir, tetapi juga bisa terlihat jika terasah dengan baik dan ditempa oleh pengalaman. Ayo tumbuhkan semangat dan gali potensi diri dengan terus berkarya secara maksimal.

Photo: Unsplash