Menjajal New Triton Bareng Juara Paris Dakar Hiroshi Masuoka

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengundang pewarta untuk menjajal performa kendaraan niaga ringan New Triton yang dipandu langsung oleh pereli juara Paris Dakar Hiroshi Masuoka, di BSD Tangerang, Banten, Kamis.

Sebelum memulai sesi “main lumpur” di lintasan tanah merah Trek Pagedangan TAOFF Tangerang, Masuoka mengenang kunjungannya ke Indonesia pada 2016, saat peluncuran Mitsubishi Pajero Sport.

“Orang Indonesia menyukai mobil, banyak penggemar Mitsubishi. Saya sudah ikut Rally Dakar sejak 1987, dan Mitsubishi mobil yang selalu dapat dikendalikan sesuai keinginan pengemudi. Makanya saya juara pada 2002 dan 2003,” kata Masuoka dalam sambutannya pada acara “Engineered Beyond Tough Experience” itu.

Setelah itu, rombongan pewarta mendapat giliran untuk merasakan performa mesin, manuver dan kenyamanan New Triton di lintasan offroad. Selain Masuoka, MMKSI juga melibatkan dua pereli lainnya yakni Kazuto Koide (Jepang) dan Rizal Sungkar (pereli nasional).

Setelah mendapat kesempatan untuk duduk sebagai penumpang dengan Masuoka sebagai pengemudinya. Pereli 59 tahun itu memberikan pengenalan singkat pada beberapa fitur New Triton sebelum tancap gas melibas lintasan.

“Oke, (perjalanan) ini akan banyak guncangan, tapi rasakan serunya. Ini menyuguhkan pengalaman,” kata Masuoka, sebelum mendapatkan arahan untuk maju mendekati bendera start dari petugas.

Setelah mendapat aba-aba, Masuoka langsung menggenjot pedal gas New Triton dan dorongan tenaga langsung terasa dari bangku penumpang baris kedua.

Manuver pertama berbentuk U langsung dilibas Masuoka tanpa ampun, tanpa menurunkan pedal gas, namun Masuoka terlihat nyaman memutar setir New Triton tanpa kendala.

Mobil kemudian melaju kencang di atas lintasan tanah merah bergelombang, berbatu, dan kadang berlumpur. Meski berguncang karena faktor lintasan, kenyamanan di bangku penumpang tetap terasa. Penumpang masih bisa memegang ponsel atau kamera untuk merekam momen offroad itu.

Test drive singkat sejauh 1,4km itu akhirnya berakhir setelah Masuoka menuntaskan beberapa sesi antara lain akselerasi berkecepatan tinggi, drifting, dan cornering.

“Bagaimana? Menyenangkan bukan? (Mobil) ini mudah dikendalikan,” ucap Masuoka seusai sesi itu.
Setelah “menyiksa” New Triton bersama pereli, pewarta kemudian masuk ke sesi Obstacle Course pada lintasan sepanjang 0,4 Km untuk merasakan berbagai fitur keamanan dan performa dari New Triton. Sesi terakhir adalah 4×4 Challenge di lintasan 0,4 Km dengan didampingi instruktur guna menjajal kekuatan dan ketangguhan performa New Triton.

“Engineered Beyond Tough Experience” yang diselenggarakan, pada Kamis, merupakan yang pertama, sekaligus pembuka rangkaian pengujian New Triton dari tiga kota.

MMKSI membuka kegiatan itu di wilayah Jabodetabek guna menyasar pangsa pasar Triton model penggerak 4×4 sebesar 44 persen. Mitsubishi akan menggelar event serupa di dua kota lainnya di Balikpapan dan Pekanbaru.

Selain untuk pewarta, penyelenggara pun mengizinkan konsumen untuk mencoba mobil niaga itu. Peserta umum akan mendapatkan pengenalan produk, sebelum mengikuti tiga aktivitas utama dengan lintasan yang telah disediakan, Test Ride, Obstacle Course, dan 4×4 Challenge.

copyright © antara 2019