Posted on by AB

Mercy Boxer Yang Ikonik

Sedan lawas Mercedes-Benz E-Class berkode bodi W124 ini sekarang telah menjadi salah satu mobil ikonik di Indonesia. Selain karena nama besar Mercedes, W124 juga punya desain timeless yang membikin sedan berjulukan ‘boxer’ atau mengacu konsep desain kotak tetap diminati hingga sekarang.

Faktor lain kenapa W124 disukai adalah masalah durabilitasnya, bahkan mesinnya pun dikenal mudah perawatannya serta kemudahan suku cadang pengganti yang masih bisa dicari di pasaran.


Dahulu APM Mercedes-Benz memasarkan W124 ke Indonesia mulai dari tahun 1986 hingga 1995 dan pernah disegarkan lewat cara facelift pada tahun 1992.


Menariknya kode ‘E’ yang tertempel di pintu bagasi W124 ternyata memiliki arti yang berbeda, Huruf ‘E’ yang mengacu kepada istilah sistem bahan bakar yang digunakan. Dalam model sebelum 1992, menggunakan fuel distribution mekanikal. Sedangkan model diatas 1992 hingga 1995 telah memakai sistem injeksi pada mesinnya. Agar tidak membingungkan, cukup memperhatikan posisi ‘E’ di antara kode angka kapasitas mesinnya. Contoh 300E berarti belum injeksi, untuk E320 sudah bermesin injeksi. 'Mudah bukan…'

Adapun mesin yang dijual lewat APM Mercedes memakai mesin 4-silinder dan 6 silinder segaris. Kode mesinnya adalah M102 (2.000 cc), M103 (3.000 cc), M111 (2.200 cc) dan M104 (3.200 cc). Sedangkan pilihan transmisinya ada 2 versi, otomatis dan manual.

Varian yang beredar di Indonesia saat ini dominan dijumpai adalah sedan 4 pintunya, untuk ‘most wanted’ W124 ada di model lis becak. Lain dari itu juga tersedia versi edisi terbatas Masterpiece, Sportline dan model Coupe bagi yang menyukai tampilan sporty.

Namun terkadang terselip di forum jualan online model-model W124 berkategori ghaib seperti station wagon dan cabriolet yang ditawarkan dalam harga fantastis untuk jaman sekarang, di angka ratusan juta rupiah. Wow!

Karena modelnya timeless, W124 cocok di modifikasi atau di restorasi. Nah bagi yang ingin tampil beda bisa memilih modifikasi bergaya tuner Mercedes seperti AMG, Lorinser, Carlsson hingga Brabus. Atau ingin merestorasi memakai parts OEM versi USDM atau EUDM pun pantas saja. Sekarang tinggal sesuaikan selera dan budget Anda.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store