Meski Finish Kesembilan, Hamilton Pastikan Juara F1

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, memastikan diri sebagai juara dunia ajang balapan Formula One (F1), meskipun hanya finis di urutan kesembilan pada Seri GP Meksiko di Sirkuit Hermanos Rodriguez, Mexico City, Senin dini hari WIB.

Sementara itu pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, menempati podium teratas di GP Meksiko setelah menyelesaikan lomba dengan waktu tercepat 1 jam 36 menit 26,552 detik, unggul 19,678 detik dari peringkat kedua Valtteri Bottas (Mercedes) dan 54,007 detik atas posisi ketiga Kimi Raikkonen (Ferrari).

Hamilton sendiri finis di urutan kesembilan dan terpaut satu putaran penuh dari Verstappen, namun raihan dua poin yang dikantonginya membuat Ia kini memiliki total raihan sementara 333 poin.

Raihan poin tersebut sudah tidak mungkin dikejar oleh pesaingnya, Sebastian Vettel (Ferrari), yang saat ini menempati peringkat kedua klasemen pebalap dan hanya meraih 12 poin tambahan setelah menyelesaikan GP Meksiko di urutan keempat.

Hamilton –yang mengawali lomba dari urutan ketiga– dan Vettel –mengawali dari urutan pertama–, harus kembali ke pit lebih awal setelah berbenturan di awal-awal lomba. Hamilton harus mengganti bannya, sementara Vettel mengganti ban dan moncong tunggangannya.

Keduanya perlahan tapi pasti merangsek berusaha mengambil kembali tempat yang hilang dari tangan mereka, namun Hamilton hanya berakhir di peringkat kesembilan, sedangkan Vettel bisa melaju hingga meraih tempat keempat.

Pun demikian Hamilton tetap berhasil memastikan gelar juara dunia keempatnya hanya dengan menempati peringkat kesembilan GP Meksiko.

Sedikitnya lima pebalap gagal menyelesaikan balapan termasuk Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) yang harus meninggalkan lomba ketika putaran keenam lantaran masalah dengan turbo mesinnya.

Selanjutnya Nico Huelkenberg (Renault) harus terhenti pada putaran ke-24, Brendon Hartley (Toro Rosso) pada putaran ke-30, Marcus Erricsson (Sauber Ferrari) pada putaran ke-55 dan Carlos Sainz (Renault) pada putaran ke-59.

Berikut hasil balapan seturut laman resmi F1 (urutan, nomor mobil, nama, tim, negara, catatan waktu/selisih):

1 (33) Max Verstappen (Red Bull) Belanda (1 jam 36 menit 26,552 detik)
2 (77) Valtteri Bottas (Mercedes) Finlandia (+19,678 detik)
3 (7) Kimi Raikkonen (Ferrari) Finlandia (+54,007 detik)
4 (5) Sebastian Vettel (Ferrari) Jerman (+70,078 detik)
5 (31) Esteban Ocon (Force India) Prancis (+1 putaran)
6 (18) Lance Stroll (Williams) Kanada (+1 putaran)
7 (11) Sergio Perez (Force India) Meksiko (+1 putaran)
8 (20) Kevin Magnussen (Haas) Denmark (+1 putaran)
9 (44) Lewis Hamilton (Mercedes) Inggris (+1 putaran)
10 (14) Fernando Alonso (McLaren Honda) Spanyol (+1 putaran)
11 (19) Felipe Massa (Williams) Brasil (+1 putaran)
12 (2) Stoffel Vandoorne (McLaren Honda) Belgia (+1 putaran)
13 (10) Pierre Gasly (Toro Rosso) Prancis (+1 putaran)
14 (94) Pascal Wehrlein (Sauber) Jerman (+2 putaran)
15 (8) Romain Grosjean (Haas) Prancis (+2 putaran)

Gagal finis
(55) Carlos Sainz Jr. (Toro Rosso) Spanyol
(9) Marcus Ericsson (Sauber) Swedia
(28) Brendon Hartley (Toro Rosso) Selandia Baru
(27) Nico Huelkenberg (Renault) Jerman
(3) Daniel Ricciardo (Red Bull) Australia

copyright © antara 2017