Microsoft Bagikan Ikon Baru Untuk Windows 10

Microsoft mulai meluncurkan ikon aplikasi baru untuk Windows 10 yang penuh warna. Hal ini tentu memberikan tampilan dan nuansa ceria pada sistem operasi yang kini banyak digunakan untuk laptop dan komputer. Selain ikon yang sudah mulai diperkenalkan, masih banyak lagi ikon-ikon lain yang akan terus dikeluarkan dalam beberapa bulan mendatang.

Hal ini Microsoft lakukan sebagai upaya untuk menyederhanakan sejumlah ikon yang sudah ada selama puluhan tahun dan telah digunakan pada sistem operasi Windows sebelumnya. Langkah penyederhanaan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lima tahun belakangan. Dan untuk desain ikon-ikon barunya ini, Microsoft memiliki ikon monokrom yang lebih simpel dengan bentuk colorful Live Tiles yang sebelumnya dirasa kurang familiar dengan pengguna Windows.

“Desain ikon yang colorful tiles sekarang banyak digunakan, sehingga Windows perlu mengembangkan dan lakukan pendekatan,” ungkap Chrostina Koehn, pimpinan desain Windows dan Devices di Microsoft. Microsoft mengembangkan ikon miliknya untuk dapat digunakan lintas platform, dengan pendekatan secara perlahan sehingga pengguna Windows akan terbiasa.

Hadirnya penggunaan warna yang colorful akan membuat lebih mudah untuk memindai aplikasi di taskbar atau pada menu Start. Dan Microsoft berencana untuk menggunakan ikon yang serupa bahasa desainnya dengan ikon yang ada diaplikasi untuk Windows, iOS, Android dan macOS. Namun tetap dirancang sedemikian rupa sehingga familiar bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows selama hampir 20 tahun terakhir.

Source : The Verge