Microsoft Patenkan Engsel Khusus Untuk Layar Lipat

Tersiar kabar jika Microsoft baru saja membuat paten atas penemuannya berupa desain perangkat layar lipat buatannya. Namun berbeda dari dua layar yang diproduksi oleh Samsung dan Huawei pada smartphone buatannya, menggunakan engsel fleksibel berbahan padat. Melalui penemuannya, Microsoft mendesain engsel yang bisa diisi dengan material gas atau berbahan cair.

Dengan perbedaan material yang digunakan tersebut memungkinkan layar dengan jenis engsel ini dapat ditekuk ke segala arah. Termasuk mengurangi adanya celah jika menggunakan jenis engsel biasa yang biasanya rentan masuk debu di antara celah engsel.

Menariknya lagi dalam pengajuan paten ini tertulis ‘Microsoft technology licensing’, yang mengindikasikan jika teknologi ini dapat dilisensikan kepada mitra lain dan pembuat PC. Diketahui jika saat ini, Microsoft bekerja sama dengan Intel dan sejumlah OEM lain untuk menyiapkan versi baru Windows dengan kode khusus Windows Lite yang bisa dijalankanpada perangkat yang dapat dilipat atau layar ganda.

Meski belum ada penjelasan produk terkait, namun dalam waktu dekat dikabarkan dikabarkan jika Microsoft akan meluncurkan perangkat terbaru dari seri Surface pada 2 Oktober mendatang.

Source: The Verge