Mobil Listrik BMW i4 Meluncur Tahun 2021

Masih dari keseruan gelaran Paris Motor Show 2018, bos BMW Harald Krüger menegaskan jika ke depannya mereka akan meluncurkan mobil listrik baru keempatnya di tahun 2021. Dan seri i4 akan menjadi inti sebelum lanjut ke model kelima yang sepenuhnya bertenaga listrik dari BMW Group.

Diharapkan i4 akan mengikuti desain dari Vision Dynamics concept yang dipamerkan tahun lalu. Meski belum menentukan rincian produksi dan tanggal rilisnya, tetapi diketahui jika mobil ini memiliki spesifikasi seperti jangkauan jarak hingga 600 km – berdasarkan hasil tes siklus lalu lintas Eropa. Kecepatan tertinggi yang dicatat mencapai 201 km/jam serta akselerasi dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 4 detik. Namun sayang tidak seperti i3 dan i8, model i4 tidak menggunakan struktur serat karbon.

Diperkirakan hingga tahun 2021, BMW akan memperkenalkan 3 mobil listrik baru lainnya. Mulai dari Mini Electric di tahun 2019 yang telah dipamerkan dalam bentuk konsep tahun lalu dan besar kemungkinanan akan berbagi mesin dengan model i3 meski telah disegarkan. Untuk kemampuannya diklaim dapat berjalan hingga 246 km.

Lalu di tahun 2020 akan ada iX3 yang telah ditampilkan dalam bentuk konsep dan telah memasuki tahap produksi. Seperti namanya model ini lebih mirip model crossover dari i3. Kendaraan konsep ini dilengkapi baterai 70 kWh dan bisa berjalan sejauh 400 km pada siklus jalan Eropa. Akan dibuat di Cina untuk di ekspor ke Amerika Serikat.

Kemudian adalah seri iNext di tahun 2021 yang hadir dalam desain kompak futuristic crossover dan menjadi unggulan dari BMW. Diproduksi di pabrik Dingolfing, Jerman. Kemampuan mencakup jarak tempuh hingga 600 km dan bisa menyentuhu angka 100 km/jam di bawah 4 detik.

Source : Car and Driver