Morbidelli Kuasai San Marino, Rossi Gagal Podium

Kejutan terjadi lagi di seri lanjutan MotoGP San Marino 2020. Franco Morbidelli berhasil menjadi juara setelah melakukan duel sengit dengan Valentino Rossi di awal race. Pembalap asal Italia ini berhasil mempertahankan posisinya hingga akhir balapan.

Kejutan juga terjadi untuk posisi kedua. Rossi terlempar ke posisi 4 setelah dilewati oleh Francesco Bagnaia yang berhasil menempati posisi ke-2. Sedangkan posisi ke-3 ditempati oleh Joan Mir dari Suzuki. Maverick Vinales sebagai tercepat pada sesi kualifikasi harus rela menempati posisi ke-6.

Jalannya seri keenam MotoGP 2020 ini sangat menarik. Di awal balapan, Franco Morbidelli langsung menyerobot ke posisi pertama dibuntuti Valentino Rossi di posisi kedua. Sementara itu, Vinales berada di urutan ketiga, diikuti Jack Miller.

Setalah itu, Miller berhasil menggeser Vinales dan menempati urutan ketiga. Lap 7, Vinales kehilangan posisi keempat setelah ia disalip Fabio Quartararo. Namun setelah itu, Quartararo terjatuh di Tikungan 4 sehingga Vinales kembali ke urutan empat. Tapi Quartararo masih bisa melanjutkan race.

Memasuki Lap 10, posisi Vinales kian melorot setelah berturut-turut diasapi Alex Rins dan Francesco Bagnaia. Lap 12, Morbidelli mulai bisa memperlebar jarak dengan Rossi. Pada Lap 14, Rins menyodok ke urutan ketiga seusai menaklukkan Miller. Tak tanggung-tanggung, pebalap Suzuki itu mulai mengancam posisi Valentino Rossi ketika lomba menyisakan 13 lap lagi. Ketika lomba menyisakan tujuh lap, Quartararo kembali terjatuh. Kali ini, ia tak bisa melanjutkan balapan.

Perebutan posisi tiga besar kian sengit setelah Rossi kehilangan posisi kedua usai disalip Rins dan Bagnaia. Akan tetapi, The Doctor bisa merebut posisi ketiga dari Rins pada Lap 22. Duel untuk posisi kedua semakin memanas ketika balapan menyisakan lima lap. Bagnaia, Rossi, dan Rins berduel sengit memperebutkan posisi kedua.

Di posisi terdepan, Morbidelli semakin jauh meninggalkan lawan-lawannya. Franco Morbidelli pebalap Petronas Yamaha SRT ini akhirnya bisa memenangi balapan MotoGP San Marino 2020 dengan total waktu 42 menit 2,272 detik.

Top 10:
1. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)
2. Francesco Bagnaia (Pramac Racing) + 2.217
3. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 2.290
4. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 2.643
5. Alex Rins ( Tim Suzuki Ecstar) + 4.044
6. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 5.383
7. Andrea Dovizioso (Tim Ducati) + 10.358
8. Jack Miller (Pramac Racing) + 11.155
9. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 10.839
10 Pol Espargaro (Balap Pabrik KTM Red Bull) + 12.030