Motor Ranch VR46 Jadi Trek Latihan Valentino Rossi

Valentino Rossi, pebalap kawakan MotoGP ini ternyata memiliki arena latihan pribadi.  Bukan aspal, melainkan trek tanah yang memiliki tikungan-tikungan mirip beberapa trek yang rutin ada di kalender balap MotoGP. Bernama Motor Ranch VR46, arena ini juga menjadi arena latihan para anggota VR46 Riders Academy.

Trek ini bahkan tak jarang digunakan para pebalap di luar lingkup VR46, karena Rossi suka mengundang rider-rider MotoGP, Moto2, Moto3, bahkan WorldSBK untuk ikut berlatih. Marc Marquez bahkan sempat diundang untuk berlatih di sana pada 2014 lalu. Menurut Rossi, flat track pribadinya ini memang didesain khusus demi meningkatkan skill di atas motor dalam kondisi yang tak baik di trek aspal, misalnya saat kondisi hujan, yakni ketika gripnya sangat rendah.

Awalnya, trek tanah itu hanya berbentuk oval. Namun The Doctor, julukan Rossi, terus mengembangkannya dan memasukkan beberapa tikungan yang ada di sirkuit MotoGP. Seperti Sirkuit Mugello, Italia dan Sirkuit Misano, San Marino. Selain itu, ada juga beberapa tikungan kecepatan tinggi dan rendah.

Itu membuat Valentino Rossi dan anak didiknya di Akademi VR46 dapat meningkatkan teknik, perasaan, dan mengendalikan motor saat menikung. Meski tak muda lagi, juara dunia sembilan kali ini tetap berlatih untuk membuat perasaannya terhadap motor tetap kuat. Salut!