Multitasking Dengan Dua Layar, Kerja Sambil Nonton Youtube

Saat kita melakukan pekerjaan menggunakan laptop atau komputer, seringkali kita melibatkan aktivitas membuka beberapa program, tab, atau fungsi komputer sekaligus. Misalnya harus membuka software editing namun ingin sekaligus browsing untuk mencari informasi. Hal tersebut mungkin membuat kinerja menjadi lebih lama karena harus berganti layar. Nah, dalam situasi ini sepertinya Anda perlu mencoba solusi monitor tambahan.

Penggunaan monitor tambahan memiliki banyak manfaat, misalnya memudahkan dalam membuka dan menjalankan beberapa program sekaligus, manfaat khusus untuk pengguna komputer pengolahan multimedia. Paling sederhananya sih bisa browsing sambil nonton Youtube, atau sambil mengerjakan pekerjaan kantor. Jadi satu layar digunakan untuk pekerjaan dan satu layar lagi untuk kegiatan lain.

Untuk memasangnya cukup mudah, terlebih dahulu perlu memastikan port kartu grafis Anda. Ada beberapa macam port kartu grafis seperti VGA, HDMI, mini-HDMI, dan DVI. Laptop lama umumnya masih menggunakan port VGA (dengan tambahan HDMI), sedangkan laptop yang lebih baru umumnya menggunakan port HDMI atau mini-HDMI. DVI umumnya digunakan oleh laptop game karena dapat mentransfer lebih banyak data ke monitor (seimbang dengan HDMI).

Pilihan port ini berarti Anda perlu menyiapkan konverter yang sesuai dengan laptop Anda, jika misalnya monitor Anda tidak memiliki port yang cocok. Anda dapat menemukan konverter yang cocok di toko komputer atau membelinya dari toko online. Misalnya: Thunderbolt to VGA, HDMI to VGA, dan sebagainya.

Setelah menyambungkan kabel grafis monitor ke laptop, buka Settings > System > Display. Laptop Anda akan membaca secara otomatis monitor yang dipasangkan dan memberikan beberapa opsi, yaitu PC Screen Only, Duplicate, Extend dan Second Screen Only. Nah untuk hal multitasking bisa menggunakan yang mode Extend.

Mode tersebut menjadikan desktop Anda dianggap sebagai ruang yang sangat panjang dan ditampilkan dalam dua layar. Opsi ini adalah yang paling sering digunakan saat menggunakan dual display. Pada mode extend ini Anda bebas mengatur posisi monitor pertama atau kedua, sehingga memungkinkan Anda menggerakkan kursor dengan bebas.

Nah, dengan menggunakan monitor tambahan, Anda dapat bekerja dengan lebih produktif deh.