NASA Kembangkan Baju Khusus Untuk ke Bulan

Badan antariksa Amerika Serikat – NASA tengah mengerjakan program Artemis yang bertujuan untuk mendaratkan manusia ke bulan yang akan diluncurkan pada tahun 2024. Sejumlah hal pun dilakukan termasuk mempersiapkan roket baru Space Launch System (SLS) dan mengembangkan kostum antariksa yang baru-baru ini dipamerkan.

Dalam kesempatan tersebut, NASA memajang dua buah kostum antariksa yang masing-masing diberi nama Exploration Extravehicular Mobility Unit (xEMU) yang akan digunakan ketika astronot mendarat di kutub selatan bulan. Sedangkan kostum kedua adalah Orion Crew Survival System yang nantinya akan dipakai di pesawat antariksa Orion.

Kelebihan dari kedua kostum ini adalah memungkinkan astronot untuk bergerak lebih leluasa dan juga memiliki perlindungan astronot dari paparan debu bulan. Sejumlah fitur wajib menjadi kelengkapan di kostum baru ini. Seperti tersedianya sumber daya, tempat oksigen, penghilang bau dan gas beracun serta menjaga temperatur dan kelembaban di dalam kostum. Termasuk ketersediaan diaper untuk keperluan alami astronot.

Kedua kostum ini akan melakukan pengujian di International Space Station sebelum digunakan dalam misi Artemis. Oh ya kelengkapan seperti helm juga menjadi lebih praktis, karena jika ada kerusakan dapat langsung diperbaiki tanpa harus dikirim terlebih dahulu ke Bumi.

Source : CNN