New York Auto Show Ditunda, Formula E Jakarta Dibatalkan

Dua kalender penyelenggaraan event otomotif berskala internasional dipastikan akan terancam gagal dilangsungkan, terkait penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19 yang terus merebak di beberapa negara. Setelah penyelenggaraan Geneva Motor Show yang dibatalkan, kini event New York Auto Show 2020 akan ditunda pelaksanannya.

New York Auto Show yang rencananya akan diadakan pada 10 – 19 April terpaksa harus di jadwal ulang pelaksanaannya. Hasilnya event yang konsisten selalu hadir sejak 120 tahun lalu tersebut kini rencananya akan dijadwalkan ulang untuk diadakan pada 28 Agustus hingga 6 September 2020. Kepastian penundaan event tersebut disampaikan oleh Mark Schienberg, President of the Greater New York Automobile Dealers Association selaku penyelenggaranya.

Sementara penyelenggaraan event otomotif lain yang juga terancam gagal dilaksanakan adalah kalender motorsport Formula E yang akan diadakan di Jakarta pada 6 Juni 2020 mendatang. Keputusan untuk membatalkan pelaksanaan Formula E datang dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan menunda gelaran tersebut menyusul ditemukannya sejumlah kasus penyebaran virus Covid-19 di Jakarta baru-baru ini.

Untuk itu Anies menyurati hal pembatalan kepada Organizing Committee (OC) Jakarta E- Prix yang juga ia tembuskan kepada pejabat lainnya seperti Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, termasuk Ketua DPRD DKI Jakarta. Diketahui untuk penyelanggaraan event motorsport tersebut Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,6 triliun.

Source : FIA Formula E