Pabrik Mobil Sokon Senilai $150 Juta Resmi Beroperasi

Pabrik mobil asal Tiongkok PT Sokonindo Automobile senilai 150 juta dollar AS resmi beroperasi di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, yang ditandai oleh penandatanganan prasasti oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Pabrik yang berada di lahan 20 hektar dengan konsep ‘pabrik unggul’ ini didirikan dengan tingkat otomatisasi yang tinggi,” kata Alexander Barus, CEO PT Sokonindo Automobile di Serang, Selasa.

Alex mengatakan, pabrik yang memproduksi kendaraan Pick-Up SuperCab dan SUV ini memiliki kapasitas hingga 50 ribu unit tahun, namun pada tahap awal, pabrik ini akan memproduksi 15.000 unit per tahun.

Menurut Alex, semua proses penting dilakukan dengan lengan-lengan robot, mulai dari pencetakan plat baja (stamping), pengelasan (welding), pengecatan (painting), perakitan (assembling) hingga proses kontrol kualitas (quality control).

“Sebagai merek baru di Indonesia, fokus utama kami adalah pada produk yang kami buat. Dengan memiliki pabrik yang berteknologi tinggi, kami dapat memastikan kualitas produk-produk kami,” ungkap Alex.

Ia menambahkan, pabrik ini merupakan basis produksi model-model Sokonindo lainnya yang tidak hanya untuk dipasarkan di dalam negeri, tapi juga untuk diekspor ke kawasan Asia Tenggara dan pasar mancanegara lainnya.

“Sekitar 20 persen dari total produksi di pabrik ini akan kami ekspor, utamanya ke ASEAN, dan juga negara lainnya ke depan,” ungkap Alex.

Alex menyampaikan, pihaknya akan meningkatkan investasi dalam pengembangan pabrik hingga 300 juta dollar AS.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya kepada investasi dan pembangunan pabrik Sokonindo ini.

“Kami mengapresiasi PT Sokonindo Automobile karena memiliki pendalaman struktur industri, mengingat bahan baku yang digunakan ini berasal dari Krakatau Steel dan menggunakan teknologi yang tinggi,” ungkap Airlangga.

copyright © antara 2017