“Parasite” raih enam penghargaan dalam Festival Film Busan 2019

Film Korea Selatan garapan Bong Joon-ho, “Parasite”, berhasil meraih enam Penghargaan Film Buil ke-28 yang digelar dalam Festival Film Internasional Busan (BIFF) 2019 sekaligus menjadi satu dari deretan film-film terbaik (best picture).

“Sutradara Bong Joon-ho dan aktor utama Song Kang-ho sedang berada di Amerika Serikat untuk pemutaran perdana film tersebut,” kata CEO rumah produksi film Barunson E&A Kwak Shin-ae dilansir Variety, Senin.

“Kami akan menganggap penghargaan (film terbaik) itu diberikan kepada ratusan orang yang mengerjakan film ini,” lanjut kata Shin-ae.

Selain memenangkan film terbaik, film yang juga pemenang Cannes Palme d’Or itu mendapatkan lima gelar lainnya. Aktor dan aktris pendukung terbaik, untuk Park Myung-hoon dan Lee Jung-eun, lalu skenario terbaik untuk Bong Joon Ho, dan Han Jin-won.

Rentetan kemenangan berlanjut pada sinematografi terbaik untuk Hong Kyung-pyo dan skor terbaik untuk Jung Jae-il.

Sementara, gelar sutradara terbaik jatuh kepada sutradara Kim Tae-gyun untuk “Dark Figure of Crime”. Aktor Ki Joo-bing memenangkan aktor terbaik pada perannya dalam film “Hotel by the River”. Sedangkan Jeon Do-yeon memenangkan aktris terbaik untuk “Birthday”.

Film “After My Death” membawa pulang dua penghargaan, yakni sutradara baru terbaik untuk Kim Eui-suk, dan aktris baru terbaik untuk Jeon Yeo-bin. Penghargaan aktor baru terbaik diberikan kepada Sung Yoo-bin untuk perannya dalam “Last Child”.

Member grup idola EXO Do Kyung-soo dan Lim Yoona dari Girls ‘Generation, yang masing-masing mewakili “Swing Kids” dan “Exit,” menerima penghargaan bintang populer. “Swing Kids” juga memenangkan arahan seni terbaik.

copyright © antara 2019