Penalti dramatis Harry Kane batalkan kemenangan Liverpool

Harry Kane mencetak gol penalti dramatis di ujung laga yang memaksakan pertandingan antara Liverpool melawan Tottenham Hotspur berakhir imbang 2-2 pada Liga Inggris (Premier League) pekan ke-26 di Anfield, Minggu.

Gol yang dicetak dari titik putih pada menit 90+5 itu merupakan gol ke-100 bagi Harry Kane dalam 141 pertandingan Liga Inggris. Alan Shearer pernah mencetak 100 gol di liga hanya dalam 124 pertandingan menurut statistik Opta.

Liverpool memulai laga dengan sempurna berkat gol pembuka yang dicetak Mohamed Salah saat laga baru berjalan tiga menit. Proses gol itu bermula dari umpan panjang Mane kepada Firmino, bola sempat mengenai kaki Eric Dier kemudian dicuri Salah yang langsung menggiring bola ke mulut gawang Hugo Lloris.

Taktik pressing yang diterapkan Liverpool terbukti manjur untuk mencegah Tottenham memainkan umpan-umpan pendek, sehingga mereka hanya bisa melancarkan umpan panjang dari belakang ke depan untuk menghindari lini tengah The Reds.

The Lily White nyaris menyamakan kedudukan apabila sepakan Heung Min Son dari umpan Alli tidak digagalkan kiper Liverpool Loris Karius pada menit 60.

Pocchettino kemudian memasukan Victor Wanyama menggantikan Dembele pada sisa 10 menit. Namun tanpa disangka, Wanyama mencetak gol dalam sentuhan pertamanya untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Drama pun terjadi saat Harry Kane mendapatkan penalti menyusul pelanggaran Loris Karius. Beruntung, sepakan 12-pas itu tidak berbuah gol karena sepakan Kane mengarah ke tubuh kiper pada menit 87.

Pendukung Liverpool bersorak saat Mohamed Salah mencetak gol dari sudut sempit setelah mengelabuhi empat pemain Tottenham pada menit 90+1 dalam serangan balik dari sisi kanan.

Sayangnya, kemenangan yang sudah di pelupuk mata itu sirna setelah Harry Kane mencetak gol dari titik putih pada menit 90+5.

Dalam tayangan ulang, penalti itu terjadi setelah Van Dijk menjatuhkan Lamela dari belakang. Pemain Liverpool pun mengajukan protes kepada wasit, namun penalti tetap dijalankan oleh Kane.

Setelah laga berakhir, pemain-pemain Liverpool pun menghampiri wasit untuk mengajukan protes namun dicegah oleh Juergen Klopp yang berlari ke lapangan untuk menarik para pemainnya.

Liverpool bertahan di peringkat tiga dengan 51 poin, unggul dua angka dari Spurs di posisi lima, demikian Premier League.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Dejan Lovren, Andrew Robertson; James Milner, Jordan Henderson, Emre Can; Roberto Firmino, Sadio Mane, Mohamed Salah.
Cadangan: Georginio Wijnaldum, Alberto Moreno, Alex Oxlade-Chamberlain, Simon Mignolet, Danny Ings, Dominic Solanke, Joel Matip.

Spurs (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen, Ben Davies; Eric Dier, Moussa Dembele; Christian Eriksen, Dele Alli, Son Heung-Min; Harry Kane.
Cadangan: Erik Lamela, Victor Wanyama, Michel Vorm, Moussa Sissoko, Fernando Llorente, Serge Aurier, Harry Winks.

copyright © antara 2017