Penyebab Jok Rusak dan Retak-retak

Dalam beberapa kesempatan mungkin kita melihat bahan pelapis jok mobil kesayangan rusak dan retak-retak. Hal ini sebenarnya merupakan efek samping, juga kelanjutan dari cara pembersihan dan perawatan interior mobil yang kurang tepat. Alih-alih interior jadi lebih bersih, justru jadi kurang sedap di pandang mata.

Perlu diketahui, kebanyakan bahan pelapis jok yang digunakan di Indonesia berbahan PVC. Jenis bahan ini terdiri dari sejumlah lapisan struktur. Mulai dari lapisan paling atas, yakni surface coating, kemudian lapisan top layer, foam layer dan terakhir backing cloth.

Nah, saat jok terkena kotoran lalu kita salah ketika memilih bahan pembersih, bagian paling atas inilah yang pertama akan terkikis. Ditambah gesekan ketika duduk, akan semakin mempercepat hilangnya lapisan pelindung bahan PVC ini.

Dengan tidak adanya lapisan pelidung dan ketika di parkir jok terjemur secara panas yang ekstrem, perlahan warna bahan pelapis pudar dan kering. Dalam hitungan waktu, pelapis jok kemudian pecah, retak-retak bahkan sobek. Tentu kita tidak mau ini terjadi dengan jok mobil kesayangan kita bukan.

Nah mulai sekarang, tidak ada salahnya kita pelihara dan rawat interior mobil secara rutin dengan baik dan benar.