Perdana, Mitsubishi Xpander Diekspor ke Filipina

Mitsubishi Motors secara resmi mengekspor small MPV Xpander untuk pertama kalinya ke pasar internasional, Rabu.

Filipina jadi negara tujuan pertama dengan jumlah pengiriman 400 unit Xpander buatan pabrik di Bekasi yang diresmikan tepat setahun silam.

Negara lain yang jadi tujuan meliputi Thailand, Vietnam dan negara lain di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin serta Afrika.

Peresmian ekspor perdana ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko.

“Saya kira kalau ini terus kita dorong agar investasi itu bisa diperbesar lagi, ekspor kita di bidang otomotif ini akan terus meningkat setiap tahun,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian ekspor di Indonesia Kendaraan Terminal, IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (25/4/2018).

Mitsubishi menargetkan jumlah ekspor 30.000 unit pada tahun pertama.

Osamu mengatakan dari seluruh negara tujuan, Filipina adalah pasar terbesar dengan jumlah pesanan 3000 unit.

“Ekspor menurut rencana dimulai Januari tapi jumlah permintaan dari Indonesia yang banyak membuat ekspor ditunda hingga akhirnya dimulai sekarang,” ujar Osamu.

Xpander saat ini merupakan pemimpin pasar segmen Low MPW di Indonesia dengan angka penjualan wholesales di atas 7.000 unit per bulan, seturut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

copyright © antara 2018