Perdana Renault Bikin Speed Boat Elektrik

Pabrikan mobil Renault menggandeng produsen kapal laut Seinne Alliance dan produsen motor penggerak elektrik Green – Vision untuk memproduksi speed boat atau kapal cepat berpenggerak elektrik.

Menariknya speed boat ini merupakan kapal cepat pertama di dunia yang menggunakan ‘mesin’ bertenaga baterai Lithium-ion bekas pakai dari mobil listrik Renault Z.E yang sudah di refubish (perbaikan ulang).

Speed boat bernama Black Swan ini dirancang oleh desainer Italia, Tullio Abbate. Secara desain, kapal ini tidak ada bedanya dengan versi konvesionalnya. Namun oleh Renault dek kabin diubah fungsinya menjadi lokasi penempatan baterai.

Menariknya, penumpang Black Swan tidak akan menyadari kalau kursi yang didudukinya ternyata adalah sumber tenaga dari kapal bermotor listrik sebesar 20 kW itu. Pengguna speed boat cukup mengisi tenaga listrik selama dua jam maka secara otomatis durasi penggunaannya serupa dengan waktu pengisian.

Kapal yang membopong bobot 278 kg dari motor penggerak sekaligus baterainya itu akan mulai masuk galangan kapal pada tahun 2020 mendatang untuk diproduksi. Anda tertarik meminangnya?